Info Terbaru 2022

Penemuan Planet Asing Di Luar Angkasa

Penemuan Planet Asing Di Luar Angkasa
Penemuan Planet Asing Di Luar Angkasa
Dunia antariksa ialah dunia yang penuh dengan kejutan luar biasa. Ada aneka macam objek benda dan kehidupan di luar angkasa yang masih menyimpan teka-teki misterius hingga sekarang. Seperti halnya planet, bahwa di luar angkasa ada aneka macam jumlahnya. Di Galaksi Bima Sakti sendiri menyerupai bumi yang kita tikut mencicipi ini, ada ludang kecepeh dari triliunan planet gres misterius yang belum berhasil teridentifikasi. 

Itu gres di galaksi bima sakti saja, bagaimana dengan galaksi-galaksi lainnya yang jauh ludang kecepeh besar. Meskipun para sangat menguasai astronomi belum sanggup menyimpulkan berapa jumlah pastinya, namun dalam pengamatan mereka hingga ketika ini sudah terdapat 10 inovasi planet aneh di luar angkasa, khususnya di lingkup tata surya kita.

1. Gliese 436 b

Salah satu penemuan planet aneh yang mengambil banyak perhatian para ilmuwan di dunia ini ialah planet Gliese 436 b. Planet gres ini menjadi salah satu planet teraneh di angkasa luar lantaran mempunyai aturan kimia yang sangat berbeda dengan yang di tunjukkan di bumi. 

Di bumi, terdapat aturan kimia, bila air bertemu dengan api maka air akan memadamkan api. Namun di planet ini kau akan mendapat sebuah keanehan, di mana ada api langgeng dan kekal yang terus menerus menyala di atas es tanpa henti.

 Dunia antariksa ialah dunia yang penuh dengan kejutan luar biasa Penemuan Planet Aneh di Luar Angkasa
Photo: Copyright ibda3world.com
Planet Gliese 436 b ini juga dijuluki sebagai planet pembunuh lantaran merupakan planet yang sebetulnya mempunyai keistimewaan layak huni menyerupai halnya bumi sehingga mendapat sebutan Bumi  Super. Namun planet yang tidak bisa berotasi ini, terus menerus di tempa cahaya merah dan inframerah yang berasal dari bintang Katai Merah. 

2. TrES-2b

Planet TrES-2b di identifikasi sebagai salah satu planet misterius yang berada di luar tata surya kita, mempunyai jalur orbit pada bintang GSC 03549-02811 dan mempunyai sebutan planet yang paling gelap di antara planet planet lainnya. 

Planet ini mempunyai jarak tempuh dari bumi sejauh 750 tahun cahaya. Hal teraneh yang di miliki planet TrES-2b adalah mempunyai suhu yang sangat tinggi yaitu 1100 derajat celcius, aneh bukan padahal planet ini sangat gelap tanpa ada cahaya sedikit pun.

Photo: Copyright vk.com
Para sangat menguasai ilmu astronomi meneliti bahwa penyebab kemungkinannya planet ini di penuhi oleh gas yang mempunyai kemampuan untuk menyerap cahaya yang di pantulkan ke planet tersebut, padahal cahaya yang di pantulkan oleh planet TrES-2b hanya berkisar 1 persen saja. 

3. Planet Alien Mirip Bumi, Kepler 438b

Tak kalah aneh dengan planet-planet gres diatas. Kepler 438b awal mulanya di temukan lewat penelitian astronom dari Harvard Smithsonian Center for Astrophysics. Memiliki jarak tempuh sejauh 470 tahun cahaya dari bumi yang mengorbit bintang di konstelasi Lyra, sebagai planet ekstrasolar.

Photo: Copyright trinitynewsdaily.com
Dan planet ini mempunyai abnormalitas yang berbeda dengan yang lainnya. Kepler 438b di klaim mempunyai tingkat kemiripan dengan bumi dengan rasio perbandingan 1:0,88, artinya hampir 100 persen menyerupai dengan  bumi. 

Menurut hasil penelitian para astronom, Kepler 438b juga mempunyai sumber kehidupan yang sama dengan bumi yaitu keberadaan oksigen dan terdapatnya air. Apakah mungkin ada kehidupan Alien disana?
4. Planet Baru dengan Kekayaan Berlian, 55 Cancri e

Para ilmuwan dari Universitas Yale telah menemukan tambang berlian yang sangat besar di luar angkasa sana. Disebut-sebut planet 55 Cancri e ini sebagai planet berlian yang hampir 1/3 massa planet terdiri dari kerikil mulia berlian. Wow, luar biasa bukan?

Photo: Copyright technobezz.com
Planet ini mempunyai ukuran sebesar 2 kali lipat dari planet bumi dan mempunyai suhu udara mencapai 3.900 derajat Fahrenheit. Sedangkan permukaan planet 55 Cancri e sesudah dilakukan penelitian ludang kecepeh lanjut mempunyai komposisi planet yang terbuat dari karbon yang kemudian mengalami perubahan menjadi berlian serta grafit. 

Berbeda dengan kondisi planet-planet lainnya, yang rata-rata permukaan bebatuannya ludang kecepeh banyak ditutupi dengan komposisi air dan granit. Wahh bisa ancaman ini ceritanya kalau hingga terdengar tukang berlian, mereka niscaya akan segera migrasi ke sana.

5. Planet Biru HD 189773b

Jika kau mengetahui apa yang terjadi di planet HD 189773b, bisa dipastikan kau tidak akan mau hidup di planet aneh tersebut. Planet HD 189773b sebenarnya mempunyai warna yang sangat cantik yaitu berwarna biru cerah. Namun tahukah kau kalau warna biru itu berasal dari atmosfer planet yang di penuhi oleh partikel-partikel silikon.

Photo: Copyright youtube.com
Partikel  silikon ini kemudian menjadi padat menyerupai beling yang meluncur dengan bentuk menyerupai angin yang mempunyai arah membujur di karenakan suhu permukaan yang di miliki planet ini sangat tinggi. Kecepatan dari silikon yang bermetamorfosis beling tersebut sangat tinggi yaitu mencapai 4000 mil setiap jamnya. 

Oleh lantaran itu secara kasat mata bisa di lihat bahwa di planet ini hampir terjadi secara terus menerus hujan beling yang bergerak cepat secara  horizontal, terludang kecepeh suhu udara di planet biru ini mencapai 900 derajat celcius. Menakutkan bukan?

6. WASP-17b

Penemuan planet gres misterius paling aneh lainnya ialah WASP-17b, sebuah eksoplanet dalam konstelasi Scorpius yang mengorbit bintang WASP-17. Memiliki abnormalitas di mana jalur orbit yang di lalui oleh planet ini bertolak belakang dengan matahari, alias anti mainstream menyerupai jalur lintasan orbit pada planet-planet umumnya.


Meskipun begitu planet WASP-17b memiliki ukuran yang sangat mencengangkan, yaitu 1,9 kali lipat ludang kecepeh besar dari ukuran planet Jupiter sebagai planet terbesar di sistem tata surya kita.

Yang tak kalah mengejutkan, pada 3 desember tahun 2013 lalu, para ilmuwan antariksa yang bekerja dengan teleskop ruang angkasa Hubble pernah melaporkan bahwa mereka mendeteksi keberadaan air di atmosfer planet WASP-17b tersebut. Mungkinkah ini menandakan ada kehidupan makhluk lain di luar angkasa, selain insan di muka bumi?
7. HD 188753 Ab, Planet Teraneh dengan Sistem Tiga Bintang

Apakah kau pernah mendengar dongeng rakyat perihal fenomena aneh alam yang mengkisahkan kemunculan beberapa matahari di bumi. Di planet yang dimemberikan nama HD 188753 Ab, kau bisa melihat eksklusif adanya penampakan 3 matahari. Keajaiban ini pertama kali ditemukan oleh astronom Maciej Konacki sesudah menganalisis data spektroskopi rinci dari Observatorium Keck.

Photo: Copyright nasa.gov
Benarkah hal ini benar-benar terjadi? Jika kau penasaran, tiba saja ke planet ini dan temukan keunikan di mana ada bayangan badan kau yang bisa berjumlah tiga. Pasti menyenangkan bukan? Apalagi bila kau berkesempatan melihat sunrise dan sunset dari planet ini (memperringan dan sepele-memperringan dan sepelean gak gosong), niscaya menjadi pemandangan yang sangat langka di alam semesta. 

8. WASP-12b, Planet Terkepanasan di Jagat Raya

Menyimak perihal fenomena Planet Biru sebelumnya, sudah sangat angker bukan? Tapi tunggu hingga kau membaca apa yang terjadi di planet mengerikan yang satu ini. 

Planet WASP-12b memiliki jalur orbit yang sangat erat dengan matahari, hingga yang terjadi bisa kau bayangkan, begitu mengerikannya. Secara perlahan namun niscaya planet WASP-12b mulai terpengaruh oleh kepanasan dari matahari saking dekatnya jarak mereka.

Photo: Copyright nasa.gov
Bahkan bila di lihat dengan seksama, bentuk planet yang nyaris sebesar ukuran planet Jupiter ini sudah tidak berbentuk bundar atau utuh lagi, melainkan berbentuk lonjong lantaran belahan sisinya sudah terbakar oleh dahsyatnya kepanasan matahari. Mau tahu berapa tingkat ketinggian suhu dalam Planet WASP-12b? 

Yaitu 2.200 derajat Celcius, dan mengorbit bintangnya hanya dalam waktu sehari saja, lantaran jaraknya hanya sekitar 3,4 juta kilometer dengan matahari. Sebagai perbandingan, planet di tata surya kita yang paling cepat mengorbit Matahari ialah Merkurius, ia mengorbit Matahari dalam waktu 88 hari sekali. Itulah sebabnya WASP-12b, disebut-sebut sebagai planet terkepanasan di jagat raya.

9. GJ 1214b

Dijuluki sebagai dunia air yang berada di luar angkasa, merupakan sebutan bagi planet paling aneh di antariksa ini. Ada abnormalitas apa sebetulnya di planet ini hingga mendapat julukan menyerupai itu? 

Pertama kali ditemukan pada tahun 2009 dan tidak rapat sekitar 40 tahun cahaya dari Bumi. Planet GJ 1214 b terletak di rasi bintang Ophiuchus dan merupakan planet luar surya kedua yang mempunyai massa dan jari-jari ludang kecepeh kecil daripada raksasa gas di Tata Surya.


Ia dikatakan mempunyai atmosfer yang sangat tebal, hampir seluruh permukaannya ditutupi oleh air dalam bentuk uap air. Begitupun bebatuannya yang tercipta dari hidrogen. Tak salah bila para sangat menguasai astronom menjulukinya sebagai Waterworld, atau dunia air daerah samudera raksasa yang tak kan pernah bisa habis.

Jadi, sempatkan diri kau untuk mengunjunginya pada final liburan tahun nanti :D, dan dapatkan sensasi segar di mana kau menemukan pemandangan unik melihat samudera air tanpa ujung. Ya, di planet ini hampir keseluruhan planet tertutup oleh samudera air yang tidak bertepi. Bayangkan bila kau harus hidup di sana dan tanpa ada pacar yang menemani, suram benerr :)
10. PSR B1620-26 b (Metusalah), Planet Paling Tua di Alam Semesta

Seperti yang kita tahu waktu pelajaran di sekolah, bahwa alam semesta dan seisinya ini bisa 'tercipta' sesudah terjadinya ledakan dahsyat Big Bang. Dari ketika itulah mulai terbentuk planet-planet menyerupai yang kita kenal sekarang, salah satunya PSR B1620-26 b. 

Planet ini dikenal sebagai planet paling renta lantaran mempunyai usia sebanyak 3 kali lipat usia yang di miliki oleh bumi. Wah, planet yang sangat renta ya? Padahal bumi aja sudah tua, dan ini ada yang ludang kecepeh renta lagi? Emang dasar tua-tua keladi.

 Dunia antariksa ialah dunia yang penuh dengan kejutan luar biasa Penemuan Planet Aneh di Luar Angkasa

Ok seriuss, jadi berdasarkan para ilmuwan Planet PSR B1620-26 b sudah berusia ludang kecepeh dari 13,7 miliar tahun, hanya berselang satu miliar tahun sesudah terjadinya fenomena big bang. Kalau dibandingkan dengan umur bumi yang kita tikut mencicipi ketika ini sangat jauh, bumi sendiri diperkirakan hanya berusia 4,5 miliar tahun. 

Engga tahu hubungannya dari mana, hingga inovasi planet aneh PSR B1620-26 b ini dijuluki juga sebagai Planet Metusalah oleh para Ilmuwan, konon pemmemberikanan nama ini diambil dari nama kakek Nabi Nuh sebagai orang tertua di muka bumi dalam sejarah Alkitab. Walahh padahal masih banyak yang ludang kecepeh tua, salah satunya ialah Henokh sebagai orang renta dari Metusalah, hehehe :)

Advertisement

Iklan Sidebar