Info Terbaru 2022

13 Senjata Api Pertama Yang Merubah Sejarah Militer Dunia

13 Senjata Api Pertama Yang Merubah Sejarah Militer Dunia
13 Senjata Api Pertama Yang Merubah Sejarah Militer Dunia
Siapa yang nggak tau senjata api? Itu loh, pistol (versi pendeknya). Yups, senjata yang ludang kecepeh kita kenal dengan nama pistol ini ternyata banyak berperan dalam agenda perjalanan sejarah dunia. Dan senjata- senjata revolusioner ini jugalah yang pernah membunuh orang-orang penting dan banyak digunakan dalam strategi peperangan militer dalam perang dunia 1 ataupun perang dunia ke 2 khususnya persenjataan Infanteri, pertempuran prajurit Angkatan Darat dalam jarak dekat alias one by one. 

Nah, kini kita bahas dulu satu-satu 13 senjata api pertama yang merubah sejarah militer dunia. Dan dinantikan saja update artikel perihal inovasi senjata api paling canggih dan berbahaya selanjutnya. Sahabat kejadiananeh.com, Ayo kita kemon!

1. Uzi

Senjata beladiri perorangan (personal defence weapon) yang memadukan pistol mitraliur dengan senapan serbu juga ikut memilih keberhasilan perang pasukan Infanteri. Salah satu senjata yang paling disegani tersebut yaitu Uzi yang diciptakan oleh Mayor Uzil Gal pada tahun 1940.

 senjata yang ludang kecepeh kita kenal dengan nama pistol ini ternyata banyak berperan dalam agend 13 Senjata Api Pertama yang Merubah Sejarah Militer Dunia

Penggunaan senjata api pertama jarak dekat ini sendiri sangat diminati dan sudah diekspor ludang kecepeh ke 90 negara oleh Israel Weapon Industries, perusahaan senjata dikenal dan banyak digunakan di dunia milik negara Israel. Berbagai varian Uzi dijual dari pistol mitraliur uzi, mini uzi dan micro uzi untuk penggunaan masyarakat sipil.

2. Senapan Tanegashima

Senapan Tanegashima dikenal sebagai senapan pertama yang digunakan dalam sejarah militer Jepang. Ceritanya, dulu waktu kala ke 16, waktu orang Jepang mulai kenal mesiu, ada orang Portugis yang bawa senapan terus terdampar di Tanegashima. Karena tertarik sama senapan, ada orang jepang yang beli dua senapan dari orang Portugis itu buat dipelajari. 

Singkatnya, para tuan tanah yang ada di situ tertarik sama teknologi senapan yang tergolong baru. Jadilah, Senapan Tanegashima diproduksi secara besar-besaran waktu itu. Senapan ini emang nggak terlalu terkenal dan agak susah jikalau mau dibandingin sama panah tradisional jepang yang namanya ‘yumi’.

Photo: Copyright imgur.com
Gimana enggak, senapan ini cuma bisa melontarkan 2 peluru per menit, padahal pemanah tradisional yang udah pro bisa nembak 15 anak panah per menitnya. Tapi jangan salah, senjata ini bisa dipake siapa aja tanpa harus banyak latihan. Beda sama panah ‘yumi’ yang pemakaiannya butuh banyak latihan. 

Senapan ini juga tercatat menyumbang keberhasilan besar di sejarah militer Jepang lho. Soalnya, dulu senapan ini pernah dipake 3.000 pasukannya Oda Nobunaga buat ngelawan 4.000 kavaleri Takeda Katsuyori. Kamu bisa nebak nggak siapa yang menang? Pasukan Oda Nobunaga! Keren banget kan ini senjata?
3. Senapan Lontak Flintlock Musket

Senapan flintlock musket (lontak) ini terkenal waktu kala 17. Senapan jenis ini menyulut mesiu pake watu api (bolah timah plus mesiu). Senapan ini disebut-sebut bisa bikin tentara ludang kecepeh praktis gerak sekaligus nembak di medan pertempuran. Nggak heran, senapan ini cepat terkenal waktu itu. Senapan jenis ini juga sukses menggantikan model senapan lain yang banyak dipake waktu itu.

Photo: Copyright relicman
Biarpun gitu, senapan ini tetep punya kelemahan, lho! Penyulutan mesiu bisa macet jikalau cuacanya lembap atau basah. 

Biarpun tergolong jadul dan punya beberapa kelemahan, senapan musket ini cukup besar lengan berkuasa juga. Soalnya, gaya bertarung prajurit Eropa jadi berubah sangar gara-gara senapan ini meskipun belum ditidak ada yang kurangi bayonet. Singkatnya, senapan ini bikin prajurit semakin dekat sama senjata api.

4. Thompson Submachine Gun

Peranan penting inovasi senjata mesin ringan yaitu salah satu faktor penentu keberhasilan dalam perang dunia ke 1 dan perang dunia ke 2. Diciptakan oleh Brigadir Jenderal John Taliafero Thomsopson semasih awal perang dunia 1 bergejolak.

Photo: Copyright blackmailersdontshoot.wordpress.com
Dengan sistem mekanik Blish Locking System, kaliber 45ACP kecepatan peluru 700 rpm menyebabkan Thompson, senapan submesin ikonik dan terbaik dijaman perang dunia 1 hingga perang dunia 2 yang pernah dimiliki oleh militer Amerika Serikat dan memenangkan banyak perang parit.

5. PPSh-41 (Pistol Mesin Shpagin, Pistolet-Pulemyot-Shpagina)

Akibat kegagalan Senapan Mosin-Nagent yang daya tembaknya kurang seksama ketika digunakan dalam pertempuran jarak dekat. Membuat Georgi Shpagin membuat Senjata PPSh-41 sebagai salah satu senjata Infanteri Andalan Tentara Soviet selama perang dunia ke 2.


Terbukti, dalam perang animo cuek Pasukan Finlandia yang dibekali senjata Suomi KP/-31 pun kewalahan menghadapi tentara Soviet (Rusia). Senjata PPSH-41 ini terbilang sangat canggih dijamannya sebagai senapan mesin ringan, bisa menembakkan 1000 peluru per menit.

6. Senapan Gatling

Senapan ini pertama dibentuk oleh dokter gigi Amerika Richard J. Gatling. Loh asing ya? Bukannya diciptain oleh penemu yang emang sangat menguasai di bidang senjata, senapan ini justru dibikin sama dokter gigi. Nah, ceritanya tuh gini mang dadang. Dulu, ada perang saudara di Amerika. Nah, Richard J. Gatling ini ngerasa sedih soalnya banyak prajurit yang mati kelaparan di medan perang.

Photo: Copyright curtrich
Gara-gara itu, Richard J. Gatling ini nyiptain senapan yang dikenal dengan nama Gatling Gun alias senapan gatling ini. Senapan ini bisa nembak peluru sampe 200 peluru per menit lho! 

Wah, nggak heran deh jikalau senapan gatling ini cukup ditakuti di masa itu. Senapan ini juga disebut-sebut sebagai penggagas senapan mesin serbu yang pertama di dunia lho! Soalnya, keganasannya emang udah teruji semasa perang saudara yang berlangsung di Amerika.

7. Needle Rifle

Needle rifle alias senapan jarum ini bisa dibilang sebagai penggagas senjata Bolt Action Rifle. Senjata ini dirancang dan dikembangkan oleh Johann Nikolaus von Dreyse pada tahun 1836. The Dreyse Needle Gun alias senjata needle rifle ini cukup revolusioner di masa itu. Soalnya, waktu kala 19 di Eropa, senjata yang dipake masih menganut konsep rifled musket.

Photo: Copyright wikipedia.org
Nah, buat ngisi peluru di rifled musket ini, penembak mesti bangun jadi rawan kena serangan musuh. Keludang kecepehannya, peluru di senapan jarum ini bisa diisi biarpun posisi penembaknya lagi tiarap. Ngisi peluru di needle rifle ini juga bisa dibilang ludang kecepeh ringkas daripada senjata yang model rifled musket. 

Senjata api pertama militer ini mulai nunjukkin kebolehannya waktu perang unifikasi Jerman. Needle rifle ini dipake pasukan Prusia dan membawa kemenangan buat mereka. Setelah perang Unifikasi Jerman usai, negara lain ikut mengadopsi konsep bolt actionnya needle rifle dan jadilah si needle rifle ini memelopori senjata bolt action rifle yang kita kenal sekarang.

8. Senjata MP 18

Maschinen Pistole Modell 1918 atau MP 18 dikembangkan oleh Hugo Schmeisser. Senjata ini dibentuk atas usul dari tentara Imperial Jerman yang pengin senjata yang dampak dan imbastif buat jarak dekat selama Perang Dunia I. Senjata otomatis ini sederhana tapi dampak dan imbastif.

Photo: Copyright wikipedia.org
Di masa memberikankutnya, senjata ini dikembangkan oleh Nazi Jerman jadi senjata gres yang dipake selama perang dunia II. Bisa dibilang senjata ini jadi penggagas senjata sub mesin canggih yang ada dan dikenal ketika ini.

9. Pistol Colt Revolver

Pistol Colt Revolver ini diciptakan oleh Samuel Colt dari Amerika. Senjata pistol dengan silinder bergulir ini jadi dikenal dan banyak digunakan di tahun 1836. Soalnya bisa menembakkan beberapa peluru secara berturut-turut sebanyak 6 kali. Beda dengan senjata waktu itu yang umumnya peluru harus terus diisi ulang sebelum bisa ditembakkan.

Photo: Copyrigth wikipedia.org
Gara-gara keludang kecepehannya itu, senjata ini jadi banyak peminatnya, termasuk Angkatan Darat Amerika. Selanjutnya, senjata ini dipake secara luas di perang-perang misalnya Perang Meksiko dan perang Saudara Amerika. 

10. Longrifle (Kentucky Rifle, Pennsylvania Rifle)

Senapan ini awalnya cuma digunakan sebagai senapan berburu. Tapi, alasannya yaitu tingkat akurasinya yang cukup tinggi, senapan ini jadi kegemaran pasukan Amerika.

Photo: Copyright wikipedia.org
Senapan ini juga disebut-sebut sebagai senjata kunci kemenangan pasukan Amerika disetiap peperangan waktu itu, lho! Keren kan? Peran senapan ini mulai menonjol sehabis Amerika memenangkan peperangan New Orleans pada tahun 1815. 

11. M1918 Browning

Senapan M1918 Browning Automatic Rifles ini dikembangkan oleh John Browning untuk digunakan pasukan Amerika dalam perang Eropa. Senapan ini punya beberapa keludang kecepehan diantaranya tingkat akurasinya yang tinggi, ringan dan kecepatan menembak hingga 600 RPM.

Photo: Copyright wikimedia.org
Karena keludang kecepehannya ini, senapan M1918 Browning Automatic Rifles ini terus eksis dalam perang dunia I, perang dunia II bahkan hingga perang sipil Palestina.
12. StG 44 (Strumgewehr 44)

Senapan StG 44 atau Sturmgewehr 44 yaitu senjata api yang diproduksi oleh Nazi Jerman ketika Perang Dunia II berlangsung. Kemampuan senjata ini bener-bener andal dan patut diacungi jempol. Dan varian dari StG 44 ini sendiri yaitu MP43 dan MP44 hanya sedikit perbedaan produksi dan waktu pembuatannya.

Photo: Copyright olegvolk.net
Meskipun penggunaan senjata ini bisa dibilang terlambat, tapi performanya yang sepakat ternyata bisa memperkuat pertahanan Jerman waktu Jerman terdesak biarpun sesaat. Mungkin jikalau inovasi StG 44 ini ngga terlambat datangnya, Jerman udah menang telak kali ya? Mungkin :) 

13. AK-47 (Avtomat Kalashnikova 1947)

Senapan serbu AK-47 ini disebut-sebut sebagai versi Rusianya StG 44. Loh kok mampu? Soalnya, desain AK-47 ciptaan Mikhail Kalashnikov ini emang menyerupai banget sama StG 44, biarpun ukuran kalibernya beda. Senjata ini bisa dibilang jadi salah satu senjata api berbahaya yang paling dikenal dan banyak digunakan di dunia. 

Senjata ini juga digunakan negara-negara yang berperang dari mulai Afrika, Iraq, hingga Afganistan. Senjata ini juga disebut-sebut sebagai senjata yang dipake Salvador Allende, presiden Chili ke-29 buat bunuh diri loh! Wow..

 senjata yang ludang kecepeh kita kenal dengan nama pistol ini ternyata banyak berperan dalam agend 13 Senjata Api Pertama yang Merubah Sejarah Militer Dunia

Sahabat kejadiananeh.com itulah 13 senjata api pertama yang berhasil merubah sejarah militer di dunia, meskipun masih ada beberapa senjata terkenal lainnya yang banyak digunakan oleh pasukan Infanteri menyerupai Karabiner 98K, Carbine M1, Sten Gun, Luger P08.

Dan penggunaan M1 Garand sebagai senapan semi otomatis pertama yang banyak digunakan prajurit ketika berperang untuk menggantikan senapan manual alias jadul sebelumnya, yang terasa ribet harus mengokang kembali sehabis menembak.

Advertisement

Iklan Sidebar