Info Terbaru 2022

Video Iklan Lucu Paling Rasis Yang Menuai Kritik Tajam Dunia

Video Iklan Lucu Paling Rasis Yang Menuai Kritik Tajam Dunia
Video Iklan Lucu Paling Rasis Yang Menuai Kritik Tajam Dunia
Dalam pembuatan iklan baik bentuk gambar ataupun video, para jasa pemasangan iklan niscaya akan berusaha se kreatif mungkin, supaya iklan yang disajikan sanggup menarik dan tentunya menciptakan produk yang dipromosikan menjadi laku penjualannya. Tapi sayangnya, seringkali iklan menarik yang ditayangkan malah menjadikan perselisihan ibarat video iklan lucu tapi dianggap rasis ini. 

Entah lantaran ketidaktahuan/ faktor ketidtekanan suaragajaan para pembuat iklan ini hingga iklan unik buatan mereka menimbulkan permasalahan sosial di masyarakat. Sahabat kejadiananeh.com memberikankut 8 video iklan lucu paling rasis yang menuai kritik tajam dunia. Oh iya untuk cuplikan video sekomplitnya, kau cari sendiri aja yah di youtube hehehe.

Iklan sabun deterjen Qiaobi China yang dipenilaian Rasis

Tayangan iklan sabun deterjen merek Qiaobi baru-baru ini menuai perselisihan dunia. Pasalnya dalam produk iklan sabun deterjen Thailand tersebut menggambarkan diskriminasi terhadap orang berkulit hitam. Bermula ketika seorang perempuan anggun bertubuh seksi sedang berada di sebuah mesin pencuci baju. Lalu datanglah seorang laki-laki kulit hitam, yang memmemberikankan siulan menggoda. 

Selanjutnya perempuan anggun tersebut memmemberikankan sebuah gestur/isyarat tangan, memanggil laki-laki tersebut untuk menghampirinya. Seolah ingin diajak bercumbu, ternyata perempuan itu malah memmemberikankan sebungkus kecil sabun basuh ke mulutnya dan ia pun memasukkan laki-laki hitam tersebut kedalam mesin cuci.

 Dalam pembuatan iklan baik bentuk gambar ataupun video Video Iklan Lucu Paling Rasis yang Menuai Kritik Tajam Dunia

Yang terjadi kemudian, sesudah dicuci muncullah seorang laki-laki china berkulit putih kebersihan dan berwajah tampan mempesona. Hal ini sesuai dengan slogan sabun deterjen Qiaobi, yaitu bisa memkebersihankan noda membandel setidak ringan dan sepele apapun, termasuk menciptakan orang berkulit hitam menjadi putih kebersihan. Benar-benar rasis bukan?

Iklan Hosting Web dan Domain GoDaddy

Perusahaan Hosting Web dan Domain GoDaddy semakin dikenal dan banyak dipakai saja. Namun bukan lantaran promosi website gratis mereka, melainkan karna kecaman dari seluruh penggagas pecinta fauna khususnya para dog lovers sedunia yang meminta tayangan iklan dari GoDaddy segera dicekal.

Berawal dari tayangan iklan video mereka yang menampilkan seujung anak anjing Golden melarikan diri dari sebuah kendaraan beroda empat kolam terbuka. Kadab ia berhasil melompat, ia pun berusaha untuk menemukan jalan pulang ke rumah majikannya.


Sahabat kejadiananeh.com, kau niscaya terharu dan duka banget melihat usaha anak anjing ini mencari jalan pulang kerumah majikannya. Dengan kaki yang sedikit pincang ia menempuh perjalanan panjang hingga ia pun kehujanan. 

Tapi dongeng selanjutnya bikin kita jengkel berat. Setelah esok harinya ia berhasil hingga ke rumah dan ketika sang majikan memeluk anak anjingnya yang hilang tersebut, ia berkata saya sangat bahagia alhasil kau sanggup pulang kembali ke rumah, lantaran saya sudah memasang iklan untuk menjualmu, melalui website GoDaddy. Dan endingnya anak anjing malang itu dijual kembali, Ngehekk bener!

Iklan Burger Carl’s Jr

Menggambarkan kenikmatan sepotong masakan burger dengan perempuan seksi sangatlah tidak pantas, hal ini sama saja merendahkan martabat kaum wanita. Tapi inilah yang terjadi, sebuah iklan televisi yang mempromosikan Burger Carl’s Jr berani menampilkan seorang model anggun berjulukan Charlotte McKinney.

Dalam video tersebut, Charlotte tampak berjalan santai di sebuah pasar dan tanpa memakai busana sama sekali. Penampilannya benar-benar terlalu seksi dan hanya disensor dengan buah-buahan saja. 

Atas perbuatan nyeleneh masakan cepat saji tersebut, masyarakat tak hanya dibentuk murka saja. Mereka pun menciptakan tren di media umum melalui Twitter dan Instagram dengan tagar #WomenAreMoreThanMeat.

Iklan produk kecantikan kulit merek Snowz yang mendapat kritik keras

Tak hanya iklan sabun saja yang pernah menjadikan perselisihan, sebuah iklan yang mempromosikan produk kecantikan perempuan juga mendapat kritik tajam dari para netizen Thailand. Merek kosmetik Snows buatan thailand ini mempunyai slogan, kulit putih menciptakan anda jadi pemenang! 

Dan dalam video iklan gak lucu tersebut diperankan oleh Cris Horwang, artis perempuan papan atas Thailand. Ia menjelaskan bahwa kesuksesan karir yang sudah ia raih berasal dari kulit putih kebersihan yang ia miliki. Jika ia malas merawat kekebersihanan badan dan wajah putihnya, sanggup dipastikan tiruana investasi dalam karirnya akan menghilang.

Tayangan video berlanjut, sekadab badan dan wajah Cris Horwang menjadi hitam legam dan ia memandang iri seorang artis perempuan pendatang gres disebelahnya, alasannya ialah kulitnya jauh ludang keringh putih dan kebersihan dibandingkan Horwang.

Ia pun berkomentar, artis pendatang gres ini telah menggantikan ketenaran saya dan merubah saya menjadi seorang 'bintang gelap', ungkapnya.

 Dalam pembuatan iklan baik bentuk gambar ataupun video Video Iklan Lucu Paling Rasis yang Menuai Kritik Tajam Dunia

Sejak iklan pemutih kulit Snowz beredar, tak hanya masyarakat di Thailand saja yang merasa geram dengan tayangan tersebut. Hal ini juga memancing kemarahan seluruh netizen di dunia. Melalui media sosial, netizen meluapkan kritik tajam terhadap tayangan iklan Snowz. 

Dan mereka mengatakan, kalau iklan tersebut dianggap rasis dan berotak dangkal, lantaran mereka telah salah mepenilaian arti kecantikan perempuan sebenarnya, yang berpikiran sempit bahwa mempunyai kulit putih kebersihan ialah evaluasi kecantikan satu-satunya bagi seorang wanita.

Setelah mendapat protes dari masyarakat, Perusahaan kecantikan Seoul Secret selaku produsen Snows, mendapat tuntutan supaya meminta maaf kepada seluruh publik dan menarik iklan perselisihanal tersebut yang dianggap terlalu rasis.

RoboVac, Iklan Malaysia yang Menyinggung Indonesia

Sentimen berludang keringhan Malaysia terhadap Indonesia tak hanya sekali dua kali saja pernah dilakukan. Pada perkara terakhir, iklan RoboVac produk robot pemkebersihan pernah memasang banner/ gambar iklan di sebuah jalanan Kuala Lumpur. 

Bunyi iklan dalam banner tersebut mengatakan Leading RoboVac Specialist, Fire Your Indonesian Maid NOW, yang artinya pecat pembantu rumah tanggamu asal Indonesia sekarang, ganti dengan produk RoboVac

Dan Konyolnya goresan pena kata 'Indonesian' ini pun hingga digaris bawahi, padahal para pekerja di Malaysia bukan hanya berasal dari negara Indonesia saja, banyak juga yang berasal dari India, Sri Lanka dan Filipina. Ini jelas-jelas mereka benar-benar merasa sentimen berat dengan Indonesia, tidak tahu alasannya KENAPA?


Temuan iklan  yang menyinggung Indonesia ini bukanlah pertama kalinya, sebelumnya pada tahun 2012 kemudian pernah juga muncul iklan rasis terhadap TKI yang berbunyi, Indonesian maids now on sale. Fast and easy application. Now your housework and cooking come easy. You can rest and relax. Deposit only RM 3,500! Price RM 7,500 nett.

Iklan tersebut menyampaikan diskon 40 persen bagi orang yang mau mengambil pembantu rumah tangga (TKI) asal Indonesia. Iklan itu tak hanya dipasang melalui Banner saja, namun juga dicetak dalam lembaran kertas yang dibagi-bagikan kepada publik Malaysia.

Sedih bercampur jengkel bukan? Fenonema iklan ini seakan menganggap para TKI tak ubahnya ibarat 'barang' yang diperdagangkan. Dan ini bukan hanya melukai serta merendahkan martabat bangsa Indonesia tapi juga seluruh umat insan di dunia atas perlakuan rasisme, yang sanggup menjadi faktor pendorong timbulnya diskriminasi sosial.

Iklan Seragam Sekolah Seksi TWICE

Buatlah tubuhmu ludang keringh langsing dengan rok ini! Shading skirt, dan kencangkan saja dengan jaket ini, Corset Jacket! ialah sebuah slogan iklan pembodohan yang dianggap tak mendidik para cukup umur sekolah oleh para guru pengajar.

Dalam tayangan iklan seragam sekolah seksi itu juga menampilkan foto Park Jin Young yang seolah-olah sedang mepenilaian penampilan seragam seksi anak sekolah dengan member girl grup TWICE yang melaksanakan pose seksi sambil memamerkan pinggul dan membusungkan dada mereka.


Para guru pun melayangkan sebuah protes atas iklan yang diperankan oleh TWICE tersebut. Mereka berkomentar, apa hubungannya mengenakan rok ketat dan jaket korset ketika bersekolah sanggup menciptakan penampilan badan mereka terlihat ludang keringh kurus. 

Akibat akhir jelek dari iklan tersebut, kini banyak para cukup umur perempuan yang mencoba untuk melaksanakan diet ekstrim supaya sanggup ibarat mirip bintang idola mereka. Padahal umur mereka masih sangat muda, dan masih dalam masa pertumbuhan. 

Kami sangat khawatir kalau mereka terus-terusan melaksanakan diet ekstrim, sanggup membahayakan kesehatan mereka ibarat mengenai penyakit tuberkulosis ataupun anoreksia.

Maskapai penerbangan Jepang All Nippon Airways (ANA)

Awalnya, maskapai penerbangan Jepang All Nippon Airways (ANA) hanya ingin menciptakan sebuah iklan video menarik untuk mempromosikan rute gres penerbangan mereka kota Vancouver, Kanada, dan Ibu Kota Hanoi, Vietnam. Namun gara-gara iklan ini justru kepopularitasan maskapai mereka menjadi menurun.

Dalam rekaman video iklan lucu tersebut menunjukkan 2 orang laki-laki entah pramugara atau Pilot ANA sedang membicarakan rute gres penerbangan maskapai mereka. Di simpulan perbincangan seorang pramugara ingin memeluk rekan kerjanya.

Namun temannya menolak dengan menyampaikan itu ialah tradisi mainstream yang sering dilakukan oleh masyarakat Jepang, padahal mereka sendiri orang Jepang :) Dan ia pun berkata mari kita berganti gambaran orang Jepang. Tiba-tiba badan mereka menjelma sepasang laki-laki bule dengan hidung mancung serta berambut pirang.

Atas tayangan video iklan rasis tersebut, Maskapai penerbangan Jepang All Nippon Airways dipenilaian kurang didik dan tak menghargai Jepang sebagai negaranya sendiri. Tak hanya mendapat kecaman dari Pemerintah Jepang saja, banyak para pengguna setia maskapai ANA merasa kecewa dan mereka pun membatalkan keanggotaan klub maskapai ANA, yang sebelumnya pernah mereka banggakan.

Dianggap rasis, iklan perselisihan Dunkin Donuts menuai kecaman Sedunia

Kembali ke negeri Thailand, sebuah gambar iklan unik dari produk masakan dikenal dan banyak dipakai Dunkin Donuts juga pernah menuai kecaman tajam. 

Sebab, gambar iklan unik tersebut menampilkan sosok perempuan kulit gelap legam yang berdandan lipstik warna pink menyala sambil membawa Dunkin Donuts. Donat yang dibawanya tersebut ialah produk gres Dunkin Donuts yang berjulukan Charcoal Donut atau donat arang.

 Dalam pembuatan iklan baik bentuk gambar ataupun video Video Iklan Lucu Paling Rasis yang Menuai Kritik Tajam Dunia

Produk donat tersebut bekerjsama tidak menjadi masalah, namun gambar perempuan dalam iklan itu seakan mengingatkan pada stereotip warga kulit gelap pada simpulan kala 19 dan awal kala ke 20. Human Right Watch, melalui juru bicara Phil Robertson, terkejut melihat penayangan gambar tersebut dan menganggap jikalau iklan Dunkin' Donuts sudah berlaku rasis.

Ia pun memmemberikankan sebuah teguran keras supaya Dunkin Donuts segera menarik iklan rasis ini, meminta maaf pada publik dan memastikan hal ini tidak akan terulang lagi. Hal ini tidak sanggup disepelekan, kalau saja hingga ditayangkan di Amerika Serikat sanggup memancing kemarahan Publik, terludang keringh perusahaan Dunkin Donuts memang berasal dari sana. 

Sahabat kejadiananeh.com bekerjsama masih banyak banget tayangan iklan menarik tapi gak lucu dan dianggap rasis ini, termasuk juga di tanah air kita Indonesia. Contohnya ibarat iklan perselisihanal Indosat yang pernah menyinggung warga Bekasi, Iklan Lifebuoy yang diprotes masyarakat NTT, iklan hibaj halal yang pernah menghebohkan Indonesia dan masih banyak lagi :)

Advertisement

Iklan Sidebar