Info Terbaru 2022

Nikmatnya Bir Kotjok Bogor, Halal Dan Menyehatkan Tubuh

Nikmatnya Bir Kotjok Bogor, Halal Dan Menyehatkan Tubuh
Nikmatnya Bir Kotjok Bogor, Halal Dan Menyehatkan Tubuh
Mungkin inilah satu-satunya minuman Bir yang tidak memabukkan di dunia. Dijamin halal, tidak mengandung alkohol sedikit pun dan sangat baik untuk kesehatan badan kita. Sebagai minuman tradisional khas Bogor, Bir Kotjok memang sudah usang dikenal semenjak tahun 1948 disekitar daerah pecinan Bogor. 

Dimasa itu Bir Kotjok juga dijuluki sebagai bir pengantin dan sering dipakai dalam program perkawinan kaum etnis tiongha, rapat-rapat pemerintahan serta program perpisahan.

Mengutip dari Kompas.com,  Eman  sang generasi penerus ketiga Bir Kotjok menjelaskan, asal mula minuman kesehatan "Bir Kotjok Bogor si Abah" dikenal ketika mendiang kakeknya berjualan keliling di sekitar daerah Surya Kencana hingga Pasar Bogor. 

Dan perjuangan bir unik itu lalu diteruskan oleh bapaknya yang berjualan di sekitar gerbang depan Kebun Raya Bogor. Hingga di tahun 2008 resep tradisional warisan keluarganya diturunkan kepada Eman sendiri.

satunya minuman Bir yang tidak memabukkan di dunia Nikmatnya Bir Kotjok Bogor, Halal dan Menyehatkan Tubuh
Photo: Copyright travel.kompas.com
Adapun bahan-bahan penggunaan dalam Bir Kotjok Bogor ini sangat kondusif dan baik bagi kesehatan badan kita. Hanya menggunakan adonan kayu manis, jahe merah, cengkeh, gula pasir, kayu manis dan aren. Dan jahe merah sendiri sudah dikenal dan banyak dipakai khasiatnya yang manis buat kesehatan sirkulasi darah. 

Untuk rasanya sendiri ludang kecepeh pedas dan jauh ludang kecepeh hangat dibandingkan dengan jahe biasa. Dan Bir Kotjok si Abah juga tidak menggunakan materi pengawet sama sekali, itulah sebabnya ia hanya bisa bertahan selama kurang ludang kecepeh dua hari saja.

Tapi hati-hati minuman bir Kotjok ini juga bisa 'memabukkan', kerena bisa bikin kita ketagihan, pokoknya gak puas kalau cuma minum sekali saja . 

Cara penyajian bir kotjok ini pun terbilang unik, sebelumnya Eman si pedagang akan mengaduk sari-sari rempah bir kotjok di dalam wadah alumunium hingga keluar buih/busa putih dari airnya. Setelah mendapat buih yang dirasa cukup, ia pun lalu menuangkan ke sebuah gelas besar untuk disajikan kepada para pembeli.

satunya minuman Bir yang tidak memabukkan di dunia Nikmatnya Bir Kotjok Bogor, Halal dan Menyehatkan Tubuh
Photo: Copyright travel.kompas.com
Sekilas melihatnya, kita niscaya menyangka ini minuman bir sungguhan, alasannya seolah-olah banget penampakannya mulai dari gelas besar yang digunakan, buih pada airnya hingga logo yang menyerupai.
Tapi damai saja, minuman ini benar-benar halal untuk dikonsumsi lantaran tidak ada sedikitpun materi yang dipakai mengandung fermentasi alkohol. Semuanya berasal dari rempah-rempah orisinil yang sangat manis untuk kesehatan badan kita. Dan untuk rasanya nikmat pisan, soalnya disajikan cuek dengan es batu. 

Hayoo tunggu apalagi segera kunjungi jajanan tradisional Bir Kotjok Bogor si Abah milik Pak Eman ini, harganya juga murah bangett cuma 5 ribu rupiah.

Advertisement

Iklan Sidebar