Info Terbaru 2022

Fakta Unik Dibalik Tenggelamnya Kapal Titanic

Fakta Unik Dibalik Tenggelamnya Kapal Titanic
Fakta Unik Dibalik Tenggelamnya Kapal Titanic
Kamu tentu sudah tidak asing lagi mendengar roman percintaan dalam Film Titanic yang disutradarai oleh James Cameron dan menciptakan nama bintang film ganteng Leonardo Dicaprio serta Kate Winslet menjadi top selebritis papan atas di masa itu. Versi kisah nyatanya, Titanic yakni kapal pesiar glamor terbesar yang dikompliti dengan kemudahan nomor satu dan  terbaik di zamannya. 

Kecelakaan tragis R.M.S kapal Titanic yang dijuluki sebagai 'unsinkable' alias takkan mungkin sanggup karam ini, memang masih menjadi teka-teki misteri hingga dengan sekarang. Berbagai teori dan spekulasi berbeda pun mempunyai jawabanan tersendiri atas pertanyaan tersebut. 

Apa bekerjsama yang telah terjadi dibalik insiden itu? dan bagaimanakah kebenaran persisnya perihal kapal itu sanggup karam di Samudera Atlantik Utara pada 15 April tahun 1912. Dan haruskah memakan korban tewas begitu banyak hingga 1514 jiwa. Ludang keringh jelasnya kau sanggup meskor sendiri dari 13 fakta unik dibalik tenggelamnya kapal Titanic diberikut ini:

1. Tidak diadakannya latihan untuk penyelamatan diri

Menurut planning yang sudah dijadwalkan sebelumnya pada tanggal 14 April 1912 bahwa seluruh penumpang kapal akan diajarkan latihan penyelamatan diri atau lifeboat drill. Tapi entah kenapa sebabnya, latihan itu tiba-tiba dibatalkan oleh Kapten Edward John Smith. 

Dan balasannya kenyataan berbicara lain, insiden yang tak diperlukan itu pun terjadi. Banyak pihak yang berasumsi bahwa jikalau latihan ini tidak dibatalkan, setidaknya akan ada banyak nyawa yang sanggup tertolong.

 Kamu tentu sudah tidak asing lagi mendengar roman percintaan dalam Film Titanic yang disu Fakta Unik Dibalik Tenggelamnya Kapal Titanic
Photo: Copyright ibtimes.com
2. Kisah kasatmata Cinta Sejati dalam Tragedi Kapal Titanic

Jenazah Isidor Straus yang dikenal sebagai co-owner dari Departemen Store Marcy ditemukan sedang berpelukan dengan istrinya sambil berpegangan tangan. Menurut kesaksian orang-orang yang selamat dalam peristiwa kapal Titanic, Isidor bekerjsama sanggup selamat dalam petaka tersebut. 

Namun ia ternyata menolak dingklik kosong yang berada disebelah istrinya padahal ketika itu kapal sekoci yang ditumpanginya yakni kapal terakhir. Isidor rupanya ludang keringh memikirkan nasib belum dewasa kecil dan para perempuan yang belum kebagian sekoci. Hingga balasannya sang istri menyusuli Isidor, lantaran ia tidak mau meninggalkan dirinya sendirian.

Dalam moment terakhir yang sangat menyedihkan itu, mereka melihat terang Isidor berpelukan erat dengan istrinya sambil memandangi kapal sekoci mereka pergi. Diketahui juga usia perkawinan Isidor dengan istrinya yang berjulukan Ida, sudah berjalan 41 tahun lamanya, wow!

Itulah kisah kasatmata cinta sejati yang benar-benar pernah terjadi dalam peristiwa kapal Titanic dan bukanlah menyerupai dongeng fiksi perihal Jack dan Rose yang kita tonton di film Titanic. 


3. Adanya surat kabar khusus Titanic

Fakta tenggelamnya kapal titanic lainnya, ternyata kapal ini memang benar-benar luar biasa loh. Bayangkan saja kemudahan kapal glamor ini telah menyediakan surat kabar khusus. 

Penumpang yang memakai Kapal Titanic sanggup menemukan surat kabar yang dicetak secara up to date setiap hari bahkan ketika berada di atas kapal. Surat kabar ini memuat diberita, hasil pacuan kuda, iklan, gosip, sajian makanan hari ini hingga harga saham. Wew, luar biasa bukan? 

Selain surat kabar tersebut, ada juga kemudahan glamor lainnya yang tersedia di Kapal Titanic ini. Khusus dalam koridor kelas satu daerah orang-orang kaya disediakan kebun teh, cafe Parisian, perpustakaan, daerah fitness, ruangan membaca dan menulis, daerah potong rambut, elevator, sangkar anjing, kolam renang yang sanggup digerahkan dan lain sebagainya. 

Itulah mengapa kapal Titanic pernah tercatat sebagai salah satu kapal pesiar termewah yang pertama kali dibentuk dalam sejarah.

4. Satu-satunya kapal uap terbesar di dunia yang menabrak gunung es

Fakta unik lainnya perihal peristiwa tenggelamnya Titanic yakni bahwa kapal super glamor ini merupakan satu-satunya kapal yang pernah menabrak gunung es. 

Sampai ketika ini belum ada temuan insiden lain dimana kapal menabrak gunung es. Fakta ini menjadi unik lantaran Kapal Titanic menjadi satu-satunya kapal uap terbesar di dunia yang pernah karam tanggapan menabrak bongkahan es, ludang keringh tepatnya gunung es.

 Kamu tentu sudah tidak asing lagi mendengar roman percintaan dalam Film Titanic yang disu Fakta Unik Dibalik Tenggelamnya Kapal Titanic
5. Tidak terisi penuhnya sekoci yang ada

Sebenarnya jikalau diperhitungkan, jumlah sekoci yang ada di atas kapal glamor Titanic ini ludang keringh dari cukup untuk sanggup menyelamatkan tiruana orang yang berada di dalam kapal. Hanya saja, setiap sekoci yang ada ternyata tidak terisi dengan penuh. 

Misalnya, sekoci pertama disebut-sebut hanya membawa 24 orang saja padahal sanggup memuat hingga 65 orang. Bahkan disebutkan juga bahwa satu sekoci ada yang diberisi 12 orang saja. Konon ini tiruana disebabkan keegoisan orang-orang kaya yang tak ingin duduk berdesakan dengan penumpang dari kelas ekonomi.

6. Kapal Californian yang tak sempat menyelamatkan

Saat mengirim sinyal bahaya, Titanic ternyata berada ludang keringh erat dengan Kapal Californian dibanding dengan Kapal Carpathia. Akan tetapi, ketika Titanic mengirimkan sinyal tersebut, Kapal Californian tidaklah merespons hingga balasannya kapal tersebut tidak sempat atau terlambat untuk membantu. 

Padahal diketahui bahwa ada awak kapal Californian yang melihat tanda ancaman yang dikirimkan Titanic dan kemudian berencana membangunkan kapten kapal untuk memdiberitahukan hal tersebut. Sayangnya, operator nirkabel dari kapal Californian tersebut sudah tidur. 

Dan akhirnya, kapal tersebut tidak tahu bahwa tanda ancaman yang dikirimkan tersebut berasal dari Titanic. Sampai pagi hari kadab mereka tahu dan kapal Carpathia ikut membantu proses penyelamatan korban Titanic yang masih sanggup diselamatkan. 

Rumor yang berkembang ketika itu, banyak berasumsi jikalau saja kapal Californian segera menanggapi sinyal ancaman yang ada tentu tidak akan ada berbagai korban dari peristiwa tenggelamnya Titanic ini. 

7. Titanic hanya mempunyai tiga cerobong asap saja

Jika kau melihat tampilan kapal Titanic, kau akan menemukan kapal ini mempunyai empat cerobong asap dengan warna krem dan hitam. Ada tiga cerobong asap yang berfungsi untuk mengeluarkan uap dari ruang boiler dan kemudian cerobong asap keempat hanya dipakai sebagai embel-embel saja. 

Saat itu, desainer kapal glamor ini percaya bahwa empat cerobong asap yang ada pada Titanic akan membuatnya terlihat ludang keringh elegant dan berkesan mewah. Oleh lantaran itu, dibuatlah empat cerobong asap pada Titanic, padahal yang satunya abal-abal.

8. Penggambaran pemain musik yang terus bermain ketika Titanic mulai karam pada film Titanic ternyata nyata

Jika kau sudah melihat film Titanic, kau tentu akan menemukan adegan dimana para pemain musik terus memainkan alat musik mereka bahkan ketika kapal mulai tenggelam. Adegan yang mengharukan dan mengesankan ini bekerjsama bertujuan untuk menenangkan penumpang yang berada di dalam kapal biar tidak terlalu gelagapan. 

Faktanya, insiden yang digambarkan dalam film tersebut benar-benar pernah terjadi. Pada ketika itu, pemain musik yang ada di atas kapal Titanic diharuskan memainkan alat musik mereka selama waktu satu jam mulai dari kapal menabrak bongkahan es.

9. Bongkahan es yang ditabrak Titanic sudah ada semenjak 1000 tahun yang lalu

Fakta perihal Titanic lainnya yakni bongkahan es yang ditabrak kapal tersebut di Samudra Atlantik yakni bongkahan es yang sudah ada semenjak 1000 tahun kemudian sebelum masehi. 

Bongkahan es yang fenomenal ini memang disinyalir telah mengapung di samudera semenjak lama. Namun belum pernah dilaporkan ada kapal maritim lain yang mengalami kecelakaan tanggapan keberadaan bongkahan es tersebut, terkecuali kapal Titanic satu-satunya.

10. Milton Hershey tidak jadi naik Titanic dan Kisah Peminum Whiskey yang Selamat

Jika kau mengenal pencipta coklat yaitu Milton Hershey, ternya ia juga mempunyai tiket yang dipakai untuk menaiki kapal Titanic. Pada ketika itu, Hershey memang memegang tiket yang sanggup ia gunakan untuk menaiki kapal yang sangat glamor itu. Namun, ada suatu hal yang terpaksa harus ia lakukan dan kemudian menentukan untuk membatalkan planning untuk naik kapal Titanic. Bayangkan kalau seandainya ia jadi berangkat. 

Kisah keberuntungan Milton tentu saja tidak andal jikalau dibandingkan dengan kisah kasatmata yang dialami oleh Charles Joughin, seorang kepala juru masak yang bekerja di Kapal Titanic. Diceritakan nyawanya sanggup selamat sesudah berenang ludang keringh dari 2 jam di air es maritim Atlantik Utara. 

Dan ketika ia dijemput oleh kapal penyelamat, Charles bercerita bahwa ia sanggup bertahan hidup lantaran sebelumnya ia sudah banyak minum Whiskey, sehingga ia tidak mati kedinginan lantaran tubuhnya sudah dihangatkan oleh minuman alkohol tersebut.

11. Penumpang Terkaya yang Tewas dalam Kecelakaan Kapal Titanic

John Jacob Astor IV yakni seorang penumpang kelas VVIP di kapal Titanic. Diketahui, jumlah harta kekayaannya mencapai 85 juta dollar, jumlah uang yang sangat fantastis dimasa itu. Sayangnya, tamat hidup tak sanggup dibayar dengan uang, Aston pun harus bernasib naas dan ikut menjadi korban tewas dalam tenggelamnya kapal Titanic.


12. Ramalan Tentang Kapal Titanic dalam Novel Wreck of Titan (Futility)

Entah ini apakah hanya sebuah kebetulan saja. Dalam novel wrek of Titan terbitan tahun 1898, menceritakan perihal sebuah kapal pesiar besar berjulukan Titan yang karam di Atlantik Utara sesudah sebelumnya menabrak gunung Es. Anehnya, Novel karangan Morgan ini jauh sudah ada 14 tahun sebelum petaka terbesar sepanjang masa itu terjadi. Beberapa kemiripan kisahnya sanggup kau simak dibawah ini:

- Titanic dan Kapal Titan mempunyai nama yang sangat mirip
- Dalam novel Morgan, Kapal Titan juga mempunyai kehebatan yang sama yakni anti tenggelam
- Kapal Titanic buatan Inggris dan Titan juga buatan Inggris
- Waktu kecelakaan yang sama, Titan disebutkan dalam kisah novelnya mengalami kecelakaan pada     bulan April, dan anehnya Titanic juga dibulan yang sama tepatnya 14 April dan kandas karam       seluruhnya pada 15 April.
- Baling-baling pada kapal Titan dan Titanic sama-sama berjumlah 3 buah.
- Ukuran Panjang kapal Titan mencapai 800 kaki, sedangkan Titanic sendiri 882 kaki 6 inci.
-Kapasitas jumlah penumpang Titan 2500 orang, sementara Titanic sanggup mengangkut 2224  penumpang.
-Bagian kapal yang hancur kadab kecelakaan sama-sama mengalami kerusakan pada belahan kanan  depan
-Tak hanya menceritakan jumlah kapal sekoci yang kurang, dalam Novel Wrek of Titan, jumlah korban yang tewas diceritakan berjumlah ribuan persis menyerupai peristiwa kapal Titanic. 

Apakah petaka paling mematikan dalam sejarah maritim ini hanya sebuah kebetulan? ataukah pembuat Kapal Titanic terinspirasi dari Novel Wrek of Titan karya Morgan?. Mari kita tanyakan saja pada bulu ketek yang bergoyang.

 Kamu tentu sudah tidak asing lagi mendengar roman percintaan dalam Film Titanic yang disu Fakta Unik Dibalik Tenggelamnya Kapal Titanic
13. Dibuatnya Film Titanic dengan biaya fantastis

Salah satu yang menciptakan Titanic begitu melegenda yakni film Titanic yang menggambarkan perihal peristiwa paling mengerikan dalam sejarah pelayaran tersebut. Dan tahukah kamu, ternyata film yang disutradarai oleh James Cameron ini mengeluarkan biaya yang tidak sedikit loh. Bisa tebak berapa kira-kira biayanya? 

Yap, biaya pembuatan film tersebut ternyata mencapai angka 290 juta dolar sesudah inflasi. Faktanya biaya tersebut ludang keringh besar jikalau dibandingkan dengan biaya pembuatan kapal Titanic yang hanya menghabiskan dana hingga 176 juta dolar saja. 

Gimana, seru bukan? Kesimpulannya seberapa pun glamor dan kuatnya sebuah kapal yang diklaim tidak akan karam pun tetap sanggup mengalami kecelakaan. Seperti pepatah bilang tamat hidup tak sanggup dihindari dan ia tak mengenal arti kata kompromi. Ok sahabat kejadiananeh.com, itulah beberapa fakta menarik dan unik yang sanggup saya sampaikan perihal peristiwa tenggelamnya Kapal Titanic. 

Advertisement

Iklan Sidebar