Info Terbaru 2022

9 Teknologi Otomotif Terbaru Dan Pertama Di Dunia

9 Teknologi Otomotif Terbaru Dan Pertama Di Dunia
9 Teknologi Otomotif Terbaru Dan Pertama Di Dunia
Seiring dengan perkembangan pesat teknologi terbaru, dunia otomotif  pun juga turut mengalami kemajuan drastis. Setiap tahun, selalu saja ditemukan inovasi-inovasi gres yang dikeluarkan dalam industri otomotif. Misalnya salah satu teknologi canggih kendaraan beroda empat masa depan yang sanggup berjalan sendiri tanpa supir, kendaraan beroda empat sanggup berganti warna, hingga perihal kendaraan beroda empat terbang yang katanya akan segera muncul pada tahun 2017 nanti. Keren banget bukan? 

teknologi otomotif terbaru dan pertama di dunia ini tentu tidak terlepas dari jasa para penemu di masa puluhan bahkan beratus tahun silam sebagai pionir yang membuka jalan bagi para penemu produk-produk otomotif generasi selanjutnya hingga ketika ini. 

Lantas, siapa saja mereka para penemu kendaraan beroda empat dan motor pertama di dunia? Dan teknologi terbaru apa saja yang sudah diciptakan oleh para ilmuwan otomotif ini.

1. Motorwagen, Mobil Pertama di Dunia

Peristiwa otomotif pertama diawali pada tahun 1885, Karl Benz membuat sebuah kendaraan beroda empat bermesin beneran untuk yang pertama kalinya di dunia dan dinamakan dengan Benz Patent-Motorwagen. Motorwagen ini mempunyai mesin 4 langkah dan merupakan kendaraan berbahan bakar minyak pertama. 

 Seiring dengan perkembangan pesat teknologi terbaru 9 Teknologi Otomotif Terbaru dan Pertama di Dunia
Photo: Copyright n-tv.de
Selain itu, Karl Benz  sekaligus menjadi penemu dari komponen-komponen dunia otomotif, menyerupai busi, sistem transmisi, pengapian mobil, karburator, dan radiator air. Menurut catatan sejarah, kendaraan beroda empat berbahan bakar minyak juga tak hanya berhasil diciptakan Karl Benz. 

Photo: Copyright wikimedia.org
Dalam kurun waktu yang hampir berdekatan Maybach dan Gottlieb Daimier juga membuat kendaraan beroda empat dengan kemampuan yang sama dan berbahan bakar bensin pertama. Hanya saja, Karl Benz ludang keringh dulu mematenkan karya inovatifnya di tahun 1886.
2. Sepeda Motor pertama di dunia 

Selain penemuan kendaraan beroda empat berbahan bakar minyak pertama di dunia, Gottlieb Daimier dan Wilhelm Maybach pada tahun 1885 juga berhasil meninggalkan sejarah di dunia otomotif yakni jasanya dalam penemuan sepeda motor pertama di dunia. 

Dua pakar mesin dari Jerman ini menamai penemuan mereka dengan nama Reitwagen. Tapi ternyata motor pertama di dunia ini tidak diperjual belikan loh. 

Setelah beberapa tahun berlalu tepatnya pada tahun 1893, Wilhelm Hildebrand dan Henry membuatkan penemuan Reitwagen dan kemudian barulah motor yang ini nih yang kemudian sanggup dipasarkan dan dijual untuk umum. 

Photo: Copyright wikimedia.org
Dalam pengerjaannya, Henry dan Wilhelm Hildebrand bekerja sama dengan Alois Wolfmuller dan Hans Geisenhof. Teknologi mesin yang diterapkan dalam Reitwagen ini ternyata masih digunakan lho hingga ketika ini, yakni twin silinder berpendingin air, 4 langkah 1.488 cc. 

Kecepatan terbaik yang sanggup ditempuh Reitwagen hanya berada di sekitar 48 km/jam. Karena Reitwagen yaitu motor pertama di dunia, ya tentu masuk akal saja kalau kecepatannya tidak terlalu tinggi.

3. Mobil Terbang Pertama di Dunia

Apa mungkin ada kendaraan beroda empat sanggup terbang? sobat kejadiananeh.com, dijaman canggih masa martabak pelangi, segala sesuatu tidak ada yang mustahil, khususnya seputar dunia otomotif. 

Salah satu teknologi otomotif terbaru  yang sudah berhasil diciptakan yaitu kendaraan beroda empat terbang pertama di dunia yang didiberi nama merek Aeromobil. Diproduksi oleh Perusahaan asal Slovakia yang dipamerkan dalam auto show di Sourtwes Interactive yang berada di kota Austin, Texas Amerika Serikat.

Dengan berbahan bakar bensin premium, Aeromobile mempunyai kecepatan yang luar biasa, sanggup melaju di jalanan hingga 100 mil/per jam kadab di darat.

Photo: Copyright aeromobil.com
Sedangkan kalau digunakan untuk terbang di atas udara, Aeromobil sanggup melaju dengan kecepatan 124 mil/jam dengan ketinggian terbaik hingga 9800 kaki, meskipun masih sanggup untuk terbang ludang keringh tinggi namun angka ini demi untuk menghindari tekanan dalam kabin, sehingga jauh dari beresiko.

Dan untuk kemampuan daya menjelajah Aeromobil sebagai kendaraan beroda empat terbang yang terkenal diseluruh dunia bisa mencapai 430 mil. Luar biasa bukan, dengan jarak yang begitu jauhnya membuat pengendara sanggup menikmati pemandangan dari atas langit.

Tapi kekurangan dari Aeromobil s.r.o ini sendiri muncul ketika melaksanakan Take Off, alasannya yaitu membutuhkan kemudian lintas yang steril tanpa terganggu dengan kendaraan lainnya. Harus berjalan lurus sepanjang 228 meter sedangkan untuk melaksanakan pendaratan selepas terbang kendaraan beroda empat ini tidak merepotkan dan tak harus mempunyai landasan penerbangan.

Dilapangan berumput saja dengan ketinggian 50 meter Aeromobil sanggup mendarat dengan mulus. Lalu bagaimana soal desain tampilan? Dijamin sangat keren dan elegant tentunya dengan nuansa kendaraan beroda empat sport masa depan.

Photo: Copyright geeksmagazine.org
Untuk kawasan duduk sendiri kendaraan beroda empat terbang ini menyerupai mirip kokpit dalam pesawat Jet dan sama sekali bukan menyerupai dingklik jok kendaraan beroda empat yang biasa kita temui. 

Begitupun halnya dengan dashboard pengemudi, banyak terdapat tombol-tombol pengaturan yang mengontrol suasana sekeliling, mulai dari mengarahkan lebar sayap, hingga memonitor arah dan ukuran batas tinggi terbang.

Sedangkan desain eksterior bab luar menyerupai sekali dengan kendaraan beroda empat balap formula 1 berpadu dengan buntut pesawat jet. 

Namun untuk velg kendaraan beroda empat sendiri tidak begitu mewah, baku menyerupai kendaraan beroda empat pabrikan pada umumnya. Keren banget bukan, kira-kira kapan penjualan Aeromobil sebagai kendaraan beroda empat yang sanggup terbang pertama kali di dunia?

Photo: Copyright gearheads.com
Menurut Juraj Vaculik sebagai CEO AeroMobil yang berbasis di Slovakia. Rencana penjualan kendaraan beroda empat terbang Aeromobil sendiri katanya akan siap beredar untuk dimiliki publik pada 2017 nanti. 

Namun angka penjualan kendaraan beroda empat ini sendiri masih terbilang sangat mahal, untuk kedepannya kami akan ludang keringh memodifikasi bahan-bahan yang digunakan.

Agar biaya produksi sanggup ditekan ludang keringh murah dan tentunya market penjualan sanggup dibeli oleh masyarakat dari banyak sekali lapisan, ungkap Juraj Vaculik. 

4. Produksi Mobil secara massal yang pertama kali di dunia

Kapan sih kendaraan beroda empat secara massal dijual untuk umum? Produksi kendaraan beroda empat pertama kalinya diproduksi massal pada tahun 1901 di Amerika Serikat. Perusahaan Oldsmobile merupakan produsen dari kendaraan beroda empat yang diproduksi massal ini, dimana kendaraan beroda empat yang diproduksi dinamakan dengan Curved Dash. 

Photo: Copyright carstyling.ru
Dalam kurun waktu satu ahad saja, 10 unit kendaraan beroda empat Curved Dash ludang keringh berhasil diproduksi. Pada selesai tahun 1901, total kendaraan beroda empat Curved Dash yang diproduksi mencapai empat ratus tiga unit mobil, dan kemudian terus meningkat hingga 5000 an unit pada 3 tahun diberikutnya. 

Harganya? Per unit Curved Dash diperjualkan dengan kisaran harga 650 dollar Amerika.
5. Fitur entertainment yang dibentuk pertama kali pada mobil

Penemuan teknologi pertama dalam dunia otomotif  pertama selanjutnya fitur entertainment (hiburan). Seperti yang sudah kita ketahui, kendaraan beroda empat kini tak hanya mempunyai fungsi untuk menjadi kendaraan transportasi saja. 

Sudah banyak fitur hiburan yang disematkan dalam kendaraan beroda empat sehingga membuat pengendara akan tetap merasa nyaman kadab bepergian. Fitur entertainment yang banyak digunakan dalam kendaraan beroda empat eksklusif diantaranya menyerupai tv, radio, mp3 dan mp4 player, game, bahkan ada pula yang memasang lemari es di dalam mobil, Luar biasa yah! 

Photo: Copyright wikimedia.org
Tapi tahukah kau fitur entertaintment menyerupai apa yang pertama kalinya disematkan dalam mobil? George Frost merupakan orang pertama yang memasang radio transistor dalam kendaraan beroda empat miliknya, yakni kendaraan beroda empat Ford Model-T pada tahun 1922.

Dengan kata lain, fitur hiburan yang pertama dipasang dalam kendaraan beroda empat yaitu radio transistor oleh George Frost, yang merupakan seorang ketua pecinta radio di SMAnya pada masa itu.

6. Plat nomor kendaraan beroda empat pertama dalam Sejarah

Kepolisian di kota Paris, Prancis pada Agustus 1893 pertama kalinya mengenalkan plat nomor ke dunia. Hal ini tercantum dalam hukum yang dibentuk oleh mereka yang diberisi kewajiban untuk memasang plat besi dalam kendaraan pribadi. 

 Seiring dengan perkembangan pesat teknologi terbaru 9 Teknologi Otomotif Terbaru dan Pertama di Dunia
Photo: Copyright smashingyolo.com
Plat eksklusif ini diberisi nama pemilik kendaraan dan nomor khusus dari kepolisian. Jika kini plat nomor terpasang di bab depan dan belakang mobil, dulu awalnya plat nomor wajib dipasang di bab kiri mobil. 

Peraturan ini diberlakukan untuk seluruh kendaraan di Prancis, dan kemudian negara lain ikut menerapkan peraturan yang serupa.

7. Diciptakannya Traffic light, Lampu kemudian lintas pertama di dunia

Penasaran gak sih kapan pertama kali ditemukannya lampu kemudian lintas atau traffic light? Traffic light pertama kali diciptakan di Inggris oleh kepolisian kota London pada tahun 1868. Tujuan dari dibuatnya lampu kemudian lintas ini awalnya hanya untuk megampangkan anggota dewan legislatif yang memasuki gedung kantor. 

Photo: Copyright sroulnas.com
Awal mula dibuatnya traffic light, bentuknya cukup unik dimana serupa dengan lentera yang hanya terdiri dari dua warna yakni merah dan warna hijau. 

Namun, traffic light pertama di dunia ini ternyata justru sempat mendapat cibiran dari masyarakat. Sejak ketika itu hingga tahun 1872, traffic light hanya satu-satunya di Inggris, kemudian sempat ditiadakan dan gres dikenalkan kembali pada sekitar lima puluh tahun kemudian.
8. Peristiwa Kecelakaan kendaraan beroda empat pertama di dunia

Hingga ketika ini, mungkin jumlah korban meninggal tanggapan kecelakaan di jalan raya sudah tak terhitung jumlahnya. Namun, tahukah kau menyerupai apa kecelakaan kendaraan motor pertama di dunia?


Peristiwa pertama dalam dunia otomotif  yang menjadikan kecelakaan ini terjadi pada 17 Agustus tahun 1896, dimana ketika itu seseorang berjulukan Bridget Driscoll of Croydon sedang menyebrang di Crystal Palace di London Inggris. 

Saat tengah menyebrang, tiba-tiba tiba kendaraan beroda empat Roger-Benz yang dikendarai oleh Arthur Edsell dengan kecepatan 6,4km per jam. Karena gelagapan, Driscoll tak sanggup berkutik dari tempatnya berdiri, dan kecelakaan pun tak sanggup dihindari.
9. Balapan Mobil pertama di dunia

Dulu, lomba berkuda merupakan lomba paling terkenal dan paling disegani di dunia. Namun pada tahun 1894, Le Petit Journal kemudian menyelenggarakan balapan kendaraan beroda empat pertama di dunia dengan nama Competition for Horseless Carriages atau kompetisi kendaraan tanpa kuda.

 Seiring dengan perkembangan pesat teknologi terbaru 9 Teknologi Otomotif Terbaru dan Pertama di Dunia

Para penerima yang mengikuti kompetisi ini pertama-tama mengikuti kualifikasi terludang keringh lampau dengan jarak 50 km, dimana yang lolos hanya sekitar 25 kendaraan beroda empat saja. Selanjutnya gres masuk ke lomba utama dengan jarak tempuh mencapai 127 km. 

Start dimulai dari kota Paris, dan garis finishnya berada di kota Rouen Prancis. Pemenang resmi dari kontes balap kendaraan beroda empat pertama ini dimenangkan oleh Mobil Peugeot dan Panhard. Sahabat kejadiananeh.com itulah 9 penemuan teknologi kendaraan beroda empat dan motor terbaru yang didokumentasikan dalam sejarah industri otomotif.

Advertisement

Iklan Sidebar