Info Terbaru 2022

13 Legenda Hantu Mengerikan Orisinil Made In Indonesia

13 Legenda Hantu Mengerikan Orisinil Made In Indonesia
13 Legenda Hantu Mengerikan Orisinil Made In Indonesia
Setiap kawasan di Indonesia mempunyai banyak sekali dongeng rakyat, dongeng, mistis, mitos-mitos, termasuk legenda hantu mengerikan orisinil made in Indonesia ini. Mungkin, beberapa dianntara kisahnya pernah kau dengar atau bahkan melihatnya sendiri? Hii.. dengan menulis artikel ini saja saya merinding disko rasanya mirip kebelet boker (lol). 

Hantu, setan atau Jin biasanya menyukai tempat yang sepi, bangunan tua, kuburan, kamar mandi, di atas pohon, atau bahkan di masa kemudian kau #eh jangan samakan mantan atau gebetan dengan hantu ya, alasannya ialah sanggup tiba-tiba tiba kemudian pergi lagi. Hehehe. 

Okee kembali ke topik bahasan kita, hantu atau makhluk halus bergotong-royong selalu ada, mungkin sebagian dari kita yang mempunyai kemampuan supranatural sanggup mencicipi kemunculan sosok mereka. 

Dan yang jadi pertanyaan, bagaimana sanggup ya hantu-hantu tersebut sanggup eksis disana? Apa sih penyebab dan asal mulanya? Sahabat kejadiananeh.com diberikut 13 legenda hantu menyeramkan dari banyak sekali kawasan di Indonesia. Ayo kita Kemon!

1. Beju Ganjang, Hantu Panjang Pencabut nyawa dari Tanah Batak

Sosok Penampakan Hantu Beju Ganjang sangat ditakuti bagi etnis suku batak toba dan suku karo, khususnya masyarakat yang tinggal di kawasan sekitar Tapanuli Utara. Dijuluki Beju Ganjang alasannya ialah burungnya panjang ukuran tubuhnya yang sangat tinggi atau panjang ibarat raksasa. 

Konon makhluk mistis ini suka bersembunyi dipohon-pohon tinggi mirip kelapa. Bagi siapapun yang apes bertemu dengannya, ia akan merubah wujudnya semakin usang semakin memanjang, kemudian mencekik dan mencabut nyawa orang tersebut.

 Setiap kawasan di Indonesia mempunyai banyak sekali dongeng rakyat 13 Legenda Hantu Mengerikan Asli Made In Indonesia

Menurut dongeng masyarakat orisinil Batak, kemunculan Beju Ganjang memang sengaja dipelihara oleh Dukun sakti, untuk menjaga rumah dan sawahnya dari para pencuri. Entah kenapa usang kelamaan, Beju Ganjang digunakan sebagai sarana santet, untuk menghilangkan nyawa dari para pesaing dukun sakti tersebut. 

Tak diketahui dengan niscaya siapa pemilik/pemelihara Beju Ganjang yang disebut sebagai Sigumoang, sehabis si dukun sakti tersebut meninggal dunia. Namun kalau di salah satu desa ada wabah penyakit atau masyarakatnya tiba-tiba meninggal secara bersamaan, mereka masih meyakini bahwa itu ialah perbuatan dari si roh jahat Beju Ganjang. 

Selain Beju Ganjang, diyakini ada Begu Antuk, Begu Nurnur dan Begu Turtur yang sama-sama menyeramkannya.

2. Reng Tua Malem

Kalau kau lagi berjalan di malam hari dan kebetulan sedang apes ketemu hantu yang satu ini, kau mungkin bakal menyangka sosok hantu ini mirip abang-abang yang lagi ngeronda, berjalan sambil menghisap sebatang rokok. Tapi baiknya jangan buru-buru kau nyamperin deh.


Bisa-dapat itu ialah sosok hantu Reng Tua Malem ini, alasannya ialah sosoknya terlihat mirip selulit siluet dengan bara apinya yang tersulut api dan tak pernah lepas dari mulutnya. 

Katanya sih hantu ini sanggup muncul alasannya ialah wujud ilmu hitam yang susah dilepas atau dimembuang gitu deh, makanya kalau ada yang sanggup mengambil rokoknya maka orang itu akan jadi sakti mandraguna. Hmmm, mau coba?

3. Hantu Rabing

Satu lagi hantu indonesia paling mengerikan yaitu Hantu Rabing, konon ia menpeduli danau atau sungai yang ada di Kalimantan nih. Jadi, hantu tersebut bersinggah di dalam air dan sesekali muncul ke permukaan. Untuk apa? Bukan alasannya ialah ia tidak cocok hidup di air atau bosan dan pengen coba mengadu nasib di daratan.


Tetapi untuk menggulung mangsanya yakni manusia, alasannya ialah sosoknya yang mirip tikar gulung yang sanggup menenggelamkan mangsa yang diinginkannya. So, hati-hati ya guys!
4. Hantu Ilung Lanjang (Bawean)

Sosoknya mirip kakek-kakek renta yang renta, ia bertubuh bungkuk mirip udang dan juga berambut putih. Nama Ilung Ranjang Lanjang ini juga diambil berdasarkan sosok tubuhnya yang mempunyai hidung yang panjang dan menyeret ke tanah ketika berjalan. Tapi bukan Pinokio, hidungnya yang panjang, sanggup ia gunakan juga sebagai tongkat.

Oh iya, hantu ini digambarkan sebagai hantu paling senior yang berada di Pulau Bawean. Dia hanya akan tiba untuk menghampiri adik-adik kecilmu yang masih terbangun ketika malam hari, dengan bunyi gaduh yang berasal dari hentakan hidungnya.


Konon, hantu ini juga menyukai jasad anak kecil alasannya ialah ia akan menyedot sari pati milik jasad anak tersebut. Tapi ada kisah murung juga yang dialami oleh Hantu Ilung Lanjang, dimasa kemudian sosok penampakannya tak hanya ampuh untuk menakuti-nakuti anak kecil yang susah tidur. 

Kemunculan Ilung Lanjang juga sanggup menjaga desa dan mengusir para kawanan perampok yang berbuat jahat di daerahnya. Namun alasannya ialah ia sudah tua, hidung panjangnya pernah patah gara-gara kalah berantem dengan segerombolan perjaka yang sedang mabuk. 

Dan sejak jalan desa di Bawean sudah beraspal, ia tidak berani melintasinya alasannya ialah hidungnya takut lecet atau patah :)

5. Hantu Kisut

Hantu ini berasal dari jawa Timur, tepatnya kawasan Pacitan. Dia akan bahagia apabila ada pendatang gres yang akan tinggal di Pacitan. Kenapa disebut hantu Kisut? Karena hantu ini akan berubah ukurannya sesuai dengan bayangan tubuh yang diikutinya.


Uniknya, hantu ini juga akan mengikuti gaya dan gerak-gerik orang tersebut. Waspada saja, siapa tahu bayanganmu yang kau lihat itu ialah bukan bayangan kau sendiri, melainkan bayangannya. Tapi hening saja, selama kau nggak punya niat jahat, hantu bol kisut ini nggak akan mengganggumu kok.

6. Hantu Jaring

Kalau kau mendengar hantu jaring ini mungkin kau bakal menyangka kalau bentuk hantu ini mirip jaring-jaring atau jaring nelayan yang biasa digunakan mencari ikan? Hmm bukan-bukan. Hantu jaring ini kegemarannya menjaring atau membawa anak kecil di ketika hujan gerah, kemudian anak kecil tersebut akan disembunyikan olehya.


Kalau dengar dongeng hantu ini persis sama dengan hantu Wewe Gombel yang suka menyembunyikan anak kecil. Jadi, jaga adik-adikmu ya biar tidak bermain ketika hujan. 

Menurut masyarakat Kalimantan Barat, hantu ini sanggup dihindari dengan cara memakaikan atau menyelipkan rumput atau daun di telinga. Hantu ini juga bahagia mendiami sawah, lapangan, atau kawasan belakang rumah yang kotor.

7. Hantu Kambe

Hantu ini juga berasal dari kawasan Kalimantan. Perwujudan hantu ini banyak yang bilang sih mirip perpaduan insan dengan kambing. Jadi, sanggup saja berwujud setengah insan dan setengah kambing tapi bukan sate kambing. Dan ada juga yang bilang kalau pun berbadan manusia, hantu ini berkaki layaknya kambing dan mempunyai rambut yang panjang.


Selain itu, ia mempunyai surai mirip kambing dengan berukuran panjang juga. Sebenarnya, hantu ini tidak mengganggu manusia, melainkan hantu ini suka menyelinap di kumpulan kambing-kambing yang sedang menyusu pada induknya dan ikut meminum susu dari induk kambing tersebut loh. Ah elah, mungkin ia haus cuy..

8. Jin Kemangmang

Kalau di kawasan Jawa Barat Indramayu ada legenda perihal Jin/hantu Kemangmang. Dimana sosok Jin ini berbentuk mirip katak air namun berukuran sangaaat besar. Nah, di serpihan tengkuk hantu tersebut terdapat api yang berkobar sangat besar sehingga bisa menghanguskan pepohonan yang ada di sekitarnya.


Buat kau yang pernah melewati rawa-rawa, mungkin kau tidak menyadari keberadaan hantu ini, tetapi mereka ada di sana guys. Walaupun begitu, tetap saja masyarakat di sana ada yang percaya dan ada juga yang menganggap ini hanya tahayul.

9. Wewe Gombel

Sosok Wewe Gombel ini merupakan roh jahat berdasarkan tradisi Jawa, tepatnya di kawasan Gombel, Semarang. Tidak jauh berbeda dengan hantu Jaring, hantu ini menyukai belum dewasa yang diterlantarkan oleh orangtuanya. Mungkin, alasannya ialah ia merupakan sosok hantu perempuan yang bernaluri layaknya seorang ibu. Ia akan membawa anak kecil tersebut bersamanya, entah kemana.


Konon, Wewe gombel ini berasal dari roh insan yang meninggal alasannya ialah bunuh diri. Ia tidak tahan alasannya ialah selalu dituduh masyarakat dikarenakan telah membunuh suaminya yang tega menduakannya.

Karena hantu ini berwujud seorang wanita, katanya hantu ini menyembunyikan anak kecil tersebut diantara kedua ‘dadanya’. Hmm, you know what I mean?

10. Tuyul

Siapa orang yang tidak tahu sosok bocah renta pembangkang alias tuyul ini? Tuyul memang termasuk hantu paling dikenal di Indonesia hingga diangkat ke dalam film layar lebar. Kamu niscaya mengenal sosok tuyul ini sebagai anak kecil yang suka mencuri uang.

Biasanya, ia mencuri uang alasannya ialah disuruh oleh majikannya. Tubuh tuyul ini kerdil, berkepala botak dengan warna keperakkan dan bersuara layaknya anak ayam tapi bukan ayam kampus :)


Mungkin, kau pernah mendengar dongeng dari temanmu yang kehilangan uang secara ghaib? Berdoa saja, semoga uang yang hilang tersebut bergotong-royong sudah terpakai, hanya saja temanmu lupa, Hehehe. Konon, sosok tuyul ini tercipta dari janin yang keguguran ataupun bayi yang mati ketika lahir.
11. Leak Bali

Leak intinya ialah ilmu kuno kerohanian yang diwariskan para leluhur Hindu di Bali dengan tujuan baik dan mencari pencerahan lewat abjad suci. Namun ilmu putih sanggup menjadi hitam tergantung niat orang yang memilikinya. 

Seperti halnya Ilmu Hitam Leak Desti yang dipengaruhi oleh siluman jahat (setan). Desti ialah perwujudan hewan siluman insan dalam bentuk hewan yang gila dan seram.

tingkatan kesaktian ilmu leak ini bergotong-royong paling rendah yakni pemiliknya hanya sanggup merubah wujudnya dalam bentuk hewan yang gila dan menyeramkan seperti:


Menjadi Lelakut yaitu homogen kadal yang besar berbadan hitam loreng-loreng, berkepala insan berwajah menyeramkan dan hitam, rambutnya terurai, taringnya panjang, giginya runcing, matanya lebar dan menyala keluar api berwarna hijau, mempunyai buntut panjang warnanya loreng hitam putih.

Menjadi Bebae yaitu homogen hewan kambing berbulu putih mulus, mempunyai pendengaran panjang menjulur kebawah hingga menyentuh tanah. Wujud yang ludang keringh sakti terbang diatas langit mirip gumpalan Api ataupun kepala insan tanpa tubuh. Dan masih banyak lagi jenis perwujudan Leak.

Kadab siang hari, Leak akan berubah wujud menjadi insan biasa. Sementara kadab malam hari ia akan bergentayangan di sekitaran kuburan untuk mencari organ tubuh insan yang akan ia gunakan untuk menciptakan ramuan berbau sihir.

12. Kuyang (Palasik)

Sosok Kuyang ialah siluman jahat berwujud kepala insan tanpa mempunyai kulit dan organ-organ serpihan tubuh bawah. Dari usus, paru-paru, jantung, sayap termasuk ceker akan terlihat terang isi tubuh didalamnya. Mahkluk siluman jejadian ini dikenal oleh penduduk Kalimantan, dan juga di kawasan Minangkabau Sumatera Barat dengan sebutan sebagai Palasik. 

Konon berdasarkan dongeng warisan dari para leluhur, Sosok kuyang atau palasik ini dulunya ia semasa hidup dikenal sebagai insan yang mempunyai ilmu hitam tingkat tinggi.


Dalam melancarkan agresi jahatnya, ia akan melepas serpihan kepalanya untuk memangsa jenazah bayi yang sudah meninggal, menghisap darah persalinan dan tak jarang ia juga akan memakan isi bayi dalam kandungan seorang wanita. 

Janin yang sudah digerogoti tersebut sanggup dipastikan akan mengalami keguguran ataupun mati selepas dilahirkan. Semua ini dilakukan oleh pemuja ritual tersebut untuk menambah kesaktiannya. 

13. Jenglot, Bethara Karang

Kemunculan Jenglot ataupun Bethara Karang sanggup sebagai membuktikan datangnya petaka yang akan melanda suatu wilayah. Sosok mereka sendiri dipercaya sebagian orang khususnya masyarakat orisinil Pulau Jawa, Kalimantan dan Bali. 

Fakta mengejutkan perihal Makhluk Jenglot ini sehabis diteliti oleh para Dokter Forensik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo Jakarta, bahwa melalui investigasi Sinar Rontgen ia memang tidak punya unsur tulang mirip insan namun ia mempunyai DNA dari lapisan kulit yang mengelupas. 

Apakah dengan bukti tersebut sosok Jenglot diyakini benar-benar ada dan bukan buatan manusia? Entalah coba kita tanyakan pada bulu kalong yang bergoyang. Namun dikatakan asal permintaan Jenglot dulunya seorang Pertapa Hebat yang mempelajari Ilmu Bethara Karang, diyakini siapapun yang menguasai ilmu sakti tingkat tinggi tersebut hidupnya akan infinit dan tak pernah sanggup mati.

 Setiap kawasan di Indonesia mempunyai banyak sekali dongeng rakyat 13 Legenda Hantu Mengerikan Asli Made In Indonesia

Sayangnya alasannya ialah ilmu sakti tersebut juga seakan-akan  membawa kutukan, tubuh sang empunya akan terus menyusut menjadi kecil dengan bentuk wajah bertaring panjang. Konon siapapun orang yang ingin memelihara Jenglot diharuskan untuk memdiberikan sesaji berupa tetesan darah manusia. 

Kegunaan Jenglot ini sendiri dikatakan sanggup menjaga nyawa sang Pemilik dari mara ancaman dan megampangkan segala maksud dan keinginannya di dunia.  

Sahabat kejadiananeh.com itulah 13 legenda hantu mengerikan di Indonesia yang setiap wilayahnya mempunyai dongeng mistis masing-masing yang berbeda. Percaya atau tidak percaya, kembali berdasarkan keyakinan kita. Tapi awas, sanggup jadi salah satu dari makhluk halus tersebut sedang mengintai gerak-gerik kau ketika ini!

Advertisement

Iklan Sidebar