Info Terbaru 2022

Kelakuan Blogger Tukang Copas Artikel Paling Menyebalkan

Kelakuan Blogger Tukang Copas Artikel Paling Menyebalkan
Kelakuan Blogger Tukang Copas Artikel Paling Menyebalkan
Sahabat kejadiananeh.com, artikel ini khusus saya persembahkan kepada para blogger tukang copas yang doyan copy paste artikel tanpa izin di Blog ini. Tapi selain curhat pribadi saya yang sudah emosi tingkat Dewa, ada banyak sekali trik/cara melaporkan, misalkan blog atau web kau sering menjadi korban tabrak lari eh maaf tumbal para copaser juga. 

Saya bukanlah seorang master SEO, saya cuma Ikan Teri yang mempunyai mimpi untuk punya Shelter (rumah penampungan) bagi anjing dan kucing yang terlantar di jalanan ataupun yang menjadi korban penyiksaan majikan kejam. Maybe My Boss alias Tuhan, suatu hari nanti mengizinkan blog ini menjadi BESAR, sehingga saya bisa mewujudkan mimpi abnormal tersebut, atau mungkin dengan jalan lain. 

Sebab cara Tuhan sangat unik dan gila memmemberikankan hadiah kepada tiruana hambanya. Dan apa yang kita minta terkadang tidak dikabulkan, bukannya Tuhan Pelit tapi bisa jadi harapan kita itu bisa 'menjebak' hidup kita. Ah elah jadi curhat colongan gini hahaha, ayo kita kemon kembali ke topic pembahasan :)

Fakta Suram Blog yang jadi korban Copy Paste:

Bagi seorang blogger Newbie (termasuk saya) beresiko dari artikel yang dicopy paste oleh serangan negara api, akan sangat terasa sekali. Jangan heran kalau traffic blog kau tidak ringan dan sepele untuk meningkat, padahal sudah mencoba menciptakan banyak artikel tulen, kok Google masih hirau taacuh belibis gitu gak dikasih-kasih hadiah peningkatan visitor (pengunjung). 

Fakta bahwa google ludang kecepeh melihat ke arah Blog Otoritas dalam arti lain Blog senior dengan DA PA tinggi (jaman berlalu dan silam PageRank). Knorma dan sopan santun ada blog senior yang mengcopy paste seluruh/sebagian isi dalam artikel kamu, tanpa sertakan sumber link aktif dan dengan memmemberikankan judul yang sama persis atau mirip. 

Percayalah cepat atau lambat artikel blog kau yang sudah mendapat peringkat Page One akan ditendang jauh-jauh. Mungkin ia sedang memberikanstirahat di page 10 ataukah 30? Apa mungkin masih ada orang yang mencari artikel dipage sejauh itu hehehe.

 artikel ini khusus saya persembahkan kepada para  Kelakuan Blogger Tukang Copas Artikel Paling Menyebalkan

Tapi selama blog tersebut memmemberikankan sumber link aktif gak usah khawatir meski terkadang suka tenggelam, tapi pada hasilnya artikel akan muncul kembali di Page One, selain itu semakin menambah reputasi blog kau dan sedikit kebagian cipratan visitor dari blog tersebut serta sanggup backlink gratis tanpa perlu auto-autoan :). 

Fakta bahwa 1 link dofollow yang diselipkan dalam artikel jauh ludang kecepeh bermutu dan berkharisma dan paling dicintai google dibandingkan dengan ribuan backlink dari software ataupun ratusan link yang berasal dari komentar. 

Apalagi jikalau yang memmemberikankan link aktif ialah blog yang nichenya kebetulan sama dengan blog kamu, Mantab pisan cuy, nampol benerr!

Jenis-jenis a.k.a Spesies Blogger Tukang Copy Paste Artikel

Ingat yah! jangan pernah menyamakan Share Artikel dengan Copy paste Artikel, meskipun sama-sama bersifat menyebarluaskan info. Tapi ada kepentingan pribadi yang terselubung bagi tukang copas. 

Contoh sederhana yang memperringan dan sepele dicerna, kau menggunakan software bajakan untuk kepentingan pribadi komputer kamu. Mungkin itu tidak jadi problem meskipun tetap ada 'perasaan bersalah'. Tapi kalau untuk diperbanyak dan dijual ulang kembali sudah tentu itu jadi problem besar, bahkan termasuk tindak pidana. 

1. Tukang Copas Level Newbie

Menyalin artikel dimulai dari Judul, isi artikel dari titik koma tidak ada yang kurang alias sama persis gak ada yang dirubah. Begitupun fotonya, malas upload ulang, apa kehamampun kuota cuma numpang url gambar atau gak ngerti sama sekali cara kompres foto hahaha! Okeh, kemudian bagaimana cara mengatasi copy paste level tersebut?

Sangat memperringan dan sepele melaporkannya, Silahkan isi formulir pengaduan melalui link dibawah ini, bisa menggunakan bahasa Indonesia juga kok, daripada menggunakan bahasa linggis kau yang bikin gagal paham hasil dari translate google hehehe.

Melaporkan ke Google DMCA

Melaporkan ke DMCA Wordpress


2. AGC, Auto Generate Content 

Bagi kau khususnya para blogger, pernahkah mendapati knorma dan sopan santun kau publish artikel gak ada hitungan jam, bahkan cuma 1 menit saja ada yang menyalin artikel bulat-bulat. Mulai dari Judul, isi artikel hingga foto yang sama persis, konyolnya tiruana link internal antar artikel juga ikut diangkut hahaha. 

Gak usah resah dan salah tingkah, itu namanya blog AGC yang menyalin otomatis dari API atau RSS Feed milik blog kita tanpa perlu repot-repot mempublish artikelnya. Ingat yah Blog AGC dengan Autoblog sedikit berbeda tapi berdasarkan saya pribadi sama kejamnya hahaha. Yang berbeda tapi legal itu ialah User Generated Content (UGC). 

Sebenarnya untuk pencurian artikel dari jenis tukang copas menyerupai ini gak usah terlalu resah dan salah tingkah, tunggu saja 4 hingga 6 bulan kemudian, blog ini juga lama-lama hilang dari peredaran google. Tapi kalau buat blog kau yang masih seumur jagung sangat mengerikan, mampu-mampu SERP blog tenggelam.

Lalu Bagaimana Mencegah pencurian artikel oleh Blog AGC ini?

Untuk mencegah, kebanyakan para pemilik blog mengubah setelan umpan blog didalam dashboard menjadi singkat yang awalnya full. Cara kedua mempersingkat huruf goresan pena feed lewat FeedBurner. Contohnya 'baca artikel di sumber aslinya di blogkejadiananeh.com' yang muncul dalam tampilan di Blog AGC, padahal seharusnya kan isi tiruana artikel yang ditampilkan. 

Cara ini dulu sangat dampak dan imbastif, saya sendiri malahan menggunakan gambar-gambar konyol untuk mengganti huruf tulisan. Kaprikornus knorma dan sopan santun dipublish otomatis oleh AGC sudah sanggup ditebak, tampilan layout blog nya tertutup tiruana oleh gambar super besar yang sudah saya setting hahaha. 

Tapi percayalah cara ini sudah ketinggalan jaman, kecanggihan blog AGC sudah jauh ludang kecepeh hebat, masuk akal saja para pemilik blog tersebut bukan bocah kemarin sore, mereka jauh ludang kecepeh senior. Dia bisa mengcopy paste tanpa bisa dicegah termasuk link-link aktif kau dimatikan.

Cara terbaik dan paling ampuh satu-satunya hanya mengadukan ke Google DMCA kalau kau udah merasa jengkel berat. Gak usah kirim tiruana link artikel yang dicopas, cukup 3 atau 5 saja, nanti juga tiruana artikel yang terkait akan dihapus total. 

Nasib suram untuk blog yang masih menggunakan blogspot tanpa domain, niscaya akan pribadi dihapus. Sedangkan homogen Wordpress atau blogspot custom domain jarang dihapus palingan hanya mengenai Deindex dari google. Mirip-miriplah penderitaannya :) 

3. Copaser Senior

Tipe plagiat yang cukup kreatif, merubah awal dan final paragraf saja, serta mencampurkan isi artikel dari beberapa sumber dan tiruana isi paragraf dibagian tengah-tengah masih utuh copasan. Dan ingat! jangan samakan dengan Artikel Rewrite yang mengubah isi artikel penuh ke gaya penulisan sendiri. Meskipun sebenarnya... ah sudahlah, nanti si komo lewat.

Dulu saya juga suka merasa ketidak ringan dan sepelean untuk mengadukan spesies tukang copas menyerupai itu, agak sedikit ribet bila mengadu ke google DMCA harus menyertakan bukti-bukti ludang kecepeh seksama menyerupai Screen Capture dari beberapa paragraf/deskripsi yang sama persis.


Hingga pada hari ahad ku turut ayah ke kota, naik delman istimewa ku duduk di muka  kebetulan lagi punya uang ludang kecepeh pribadi langganan DMCA.com, emang berasa banget kememperringan dan sepeleannya ketika kita melaporkan perihal pencurian artikel. Dan gak cuma digunakan buat gaya-gayaan atau nakut-nakutin doang.

Hanya 1 paragraf saja ada kesamaan persis dari artikel milik kita, DMCA.com bisa melaksanakan Take Down. Tapi ya itu ia yang bikin gak nafsu makan, untuk langganan selama setahun dikenakan biaya sebesar 100 Dollar. Emakk...eee.

Cara saya bikin Blogger Copas jenis ini Kapok 

Terkadang saya menggunakan 'cara halus' gak harus bikin pengaduan. Misal berkali-kali ngambil artikel tanpa sertakan sumber dan edit sana edit sini semoga gak kelihatan banget copasnya. Saya akan berbuat yang sama alias dendam nyi lepeet.

Kebetulan saya suka bantu-bantu nulis di blog teman-teman, nah saya akan ambil artikel terkenal di blog doi yang kebetulan sudah ngopas. Judulnya malahan saya bikin semirip mungkin dan bukan hanya 1 atau dua saja, bisa jadi kelipatan 3.

Ini masih mending loh. Salah satu orang yang saya anggap 'guru', malahan kalau lagi jengkel sama blog orang lain yang cari kasus sama dia. Pasti dibuatnya blog itu kebanjiran traffic, luar biasa bukan? Tapi sayangnya kebahagiaan ini hanya sesaat, endingnya **BOOM** blog tersebut Deindex hahaha.

4. Mengubah Artikel ke dalam bentuk Video Youtube

Sahabat kejadiananeh.com khususnya para pemilik blog newbie sama menyerupai saya. Kamu pernah melihat ada video Youtube yang menayangkan pembahasan artikel dengan bunyi wanita? 

Percayalah dengan saya itu bunyi perjaka jantan, yang hanya menggunakan software/aplikasi pengubah suara. Tak hanya bisa merubah dari bunyi perjaka ke cewek atau sebaliknya. Untuk merubah jadi bunyi kartun pun bisa menyerupai bunyi si bajing lucu Alvin and The Chipmunks.

Cara untuk mengadukan copy paste dari artikel ke video youtube sangat memperringan dan sepele. Dan perlu diketahui perihal pelanggaran Hak Cipta, Youtube sangat sekali cepat merespon perihal tersebut. Misalkan kau menciptakan video pribadi dengan pacar kau yang niscaya bukan ogep dong hehehe. 

Trus latar belakang suaranya pakai musik dikenal dan banyak digunakan milik penyanyi. Kalau suatu hari pemilik resmi atau produser tersebut mengetahui bisa jadi problem besar, video pribadi kau bisa pribadi dihapus. Sampai 3 kali pengaduan akun youtube kau pribadi dibanned, tidak bisa upload video kembali. Suram bukan? Nah trus gimana caranya semoga aman? Pake bunyi jangkrik aja cuy hahaha

Link Tempat lapor video bermasalah, tidak pantas ataupun video copas youtube!


Saya kasih pola beberapa artikel saya yang sudah dicopas dengan merubah ke dalam bentuk video. Padahal dari gambar, judul dan isi artikel (suara) sudah dibedakan. Namun betapa bijaknya Youtube, hanya dalam 2 hari semenjak pengaduan saya, video-video tersebut pribadi dihapus. 

Jauh ludang kecepeh cepat responnya dibandingkan dengan menciptakan laporan ke google DMCA. Dan enaknya mereka sangat lancar bahasa Indonesia, saya aja pakai bahasa gaul hahaha.


5. Copaser Terhormat yang layak diacungi jempol

Bagi saya pribadi ialah sebuah kehormatan besar jikalau ada blog yang mengcopas artikel saya dengan memmemberikankan link sumbernya. Mereka secara tidak pribadi menghargai eksistensi blog saya, dan jikalau saya pun mengambil artikel dari beberapa sumber. Tak perlu menautkan sumber blog dari saya, akan ludang kecepeh baik jikalau mereka memmemberikankan link aktif kepada sumbernya langsung. 

Saya pun pernah mendapat pengaduan email dari personal yang merasa keberatan fotonya ada dalam artikel saya. Dari mulai membuka email dan memastikan orang tersebut ialah pemilik sah dari foto tersebut. 

Saya pribadi menghapus fotonya sembari mengucapkan permintaan maaf, 'mohon untuk dimaafkan atas perbuatan saya yang tidak pantas dan menciptakan mbak tidak nyaman, namanya juga makhluk halus manusia terkadang khilaf', hehehe.

Oh iya satu hal lagi, kalau copas meskipun sudah memmemberikankan link sumber, jangan keterusan dari satu blog itu mah namanya ngerampok atuh, 11 12 sama kaya kelakuan blogger konyol diatas. Dan meskipun sudah mencantumkan link sumber bukan jaminan kondusif dari pengaduan, alasannya ialah gak tiruana pemilik blog tulus artikelnya di duplikat.

6. Spesies Blogger paling Langka dan paling Ngehek Sejagad Raya!

Inilah kelakuan blogger yang bikin perut mules gara-gara ketawa ngakak, udah copy paste mentah-mentah, diblognya ditempelin widget DMCA untuk perlindungan tiruana artikelnya. hahaha Ngehek banget gak!.


Bagaimana Cara melindungi Artikel dari Tindakan Copy Paste Tanpa Izin?

Sahabat kejadiananeh.com sesudah saya menjelaskan perihal cara pengaduan, jenis dan spesies tukang copas dimuka bumi. Kali ini saya akan memmemberikankan fakta perihal dukungan plugin/script Anti Copas artikel yang selama ini dianggap ampuh dan banyak diterapkan oleh para pemilik blog/website.

Mendisable atau Mematikan Fungsi Klik Kiri, Klik kanan, Select Text dan tiruana control keyboard untuk copy paste. Percayalah! tiruana trik ini hanya memperlambat proses pencurian copy paste saja, banyak cara untuk menjebol pertahanan tersebut, salah satunya dengan menonaktifkan/mendisable fungsi dari *a***c*ip* (sengaja saya gak kasih tahu nanti malah disangka ngajarin).

Dan sekalipun menggunakan plugin yang jauh ludang kecepeh ampuh, jikalau fungsi pada browser sudah dimatikan tetap gak ngaruh. Masih bisa menggunakan pihak eksternal dari Jasa website lain. Konyol bukan? Selain itu kerugiannya banyak apalagi jikalau niche blog kau perihal panduan menciptakan blog yang banyak memuat kode, script atau blog perihal resep-resep makanan. 

Pengunjung Asli dan bukan kaum tukang copas niscaya kecewa berat lantaran artikel kau cuma bisa diplototin, tanpa bisa di save untuk dijadikan catatan panduan. Kaprikornus solusi terbaik ya hanya satu, mengadukan konten yang jadi korban copy paste melalui link-link yang sudah saya memberikankan diatas.


Fenomena menjadi seorang Blogger yang menjadi Korban Copas

Pepatah kuno bilang tak ada selulit yang tak retak, kalau gak mau jadi korban copy paste gak usah bikin blog atau share artikel ke media sosial, mendingan tulis di buku diary aja sekalian, Egois banget sih!......(Seseorang tanpa nama berkata, kita sebut saja Mawar).

Seringkali pemilik blog yang suka mengadu dianggap Raja Tega, padahal yang TEGA itu siapa sih sebenarnya?

Bagi saya itu ialah kebebasan seseorang untuk berpikir dan berpendapat, dan saya menghargai anutan tersebut. Begitupun sebaliknya, mereka harus menghargai anutan saya yang tentu saja berbeda 180 derajat! 

Kalau begitu buat apa kita mandi kalau nanti kotor juga? Dan jangan punya kendaraan beroda empat atapun motor kalau takut dicuri! Hey bos jangan melaksanakan penggiringan opini, anutan tersebut sama saja pembunuhan karakter. Baik belum tentu benar, dan kebenaran itu rasanya Pedass Cuy! 

Kalau tiruana orang punya prinsip dan anutan menyerupai itu dijamin masuk nirwana tiruana. Misal saya korupsi 80 milyar, 30 milyarnya saya pakai untuk foya-foya, bersenang-senang. Dan sisanya 50 milyar saya sumbangkan untuk mendirikan rumah ibadah, memmemberikan santunan kepada belum dewasa yatim piatu sebagai bekal nanti di akhirat! 

Apa bisa Tuhan dikelecein dengan trik sampah menyerupai itu? Jangan tanya kenapa :)

 artikel ini khusus saya persembahkan kepada para  Kelakuan Blogger Tukang Copas Artikel Paling Menyebalkan

Cobalah untuk menghargai karya anutan orang lain, jangan semakin mengaburkan permasalahan yang seperti membela secara tidak pribadi perbuatan dari para tukang copas. Mengambil milik orang lain tanpa sepengetahuan dan seizin empunya, bukankah itu namanya Pencuri?. 

Adakah seseorang di dunia ini jikalau mendapati seseorang tak dikenal masuk ke dalam rumahnya dan ketangkap berair sedang menggendong TV. Apakah sang pemilik rumah akan mengajaknya kenalan atau mentraktir makan? 

Jawabannya cuma tiga, dipukuli seisi rumah, dibakar massa atau diserahkan ke Kantor Polisi. Lalu dapatkah si pencuri tersebut mengadukan balik ke Polisi ataupun Komnas HAM bahwa si pemilik rumah telah memukulinya hingga babak belur dan menjeratnya dengan Pasal Penganiayaan? Jangan tanya kenapa :)

Ingat juga tak ada niat saya memusuhi para tukang copas, kita tiruana pun 'mungkin' ketika masih berguru Ngeblog pernah berbuat menyerupai itu. Dan saya cuma ingin sekedar menyebarkan Persepsi, bahwa menulis itu capek meskipun hanya rewrite, dalam tanda kutip rewrite yang merubah total isi artikel ke gaya bahasa sendiri, bukan yang cuma ganti kata penghubung.

Untuk rewrite ini sendiripun ada batasannya, misalkan Hak Cipta milik seorang musisi menyerupai lirik lagu. Kalau hingga ada seorang blogger merubah lirik lagu semoga gak dianggap copas. Itu mah otaknya udah baret alias sakit jiwa hahaha.

Belum lagi seorang blogger yang menciptakan artikel hasil dari wangsit sendiri, atau mencari tumpuan dan terjemahin web luar, memilah-milah sumber, seharian begadang fantad sampe ngebul. Endingnya, beberapa hari kemudian sanggup surprise artikel dicopas...Waahh Senangnya!!

Advertisement

Iklan Sidebar