Info Terbaru 2022

11 Hantu Yang Tidak Populer Di Indonesia

11 Hantu Yang Tidak Populer Di Indonesia
11 Hantu Yang Tidak Populer Di Indonesia
Bicara perihal hantu-hantu di Indonesia, niscaya yang terpikirkan tak jauh dari sosok pocong yang suka melompat, kuntilanak yang suka tertawa meringkik mirip keledai, Tuyul si Bogel, Suster Ngepet dan sebangsanya. Eksistensi mereka memang harus kita akui begitu melegendanya, sampai-sampai mereka banyak mendapat kontrak sebagai aktor utama dalam film layar lebar, yang tentu saja setiap agresi horor terbaru mereka selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. 

Terlepas dari hal itu juga, bergotong-royong masih banyak jenis-jenis hantu kurang dikenal di negeri kita ini. Entah jawaban kemajuan Instagram yang semakin merajai, ataukah gara-gara pergaulan bebas, nama-nama mereka semakin karam saja dan dilupakan oleh banyak orang. Siapa sajakah mereka? Mari kita kenalan dengan 11 hantu yang tidak dikenal di Indonesia diberikut ini.

Ohh iya kelupaan, berhubung mereka malu-malu asu untuk diajak foto selfie bersama, saya ganti saja dengan foto teman-temannya :)

Jurig Gonggo

Banyak kisah hantu yang diyakini berdasarkan kepercayaan warga setempat salah satunya yaitu Jurig Gonggo, dimana sosoknya begitu menempel di hati orang Sunda. Jurig itu dalam bahasa sunda artinya setan dan gonggo sendiri sebutan untuk jembatan kecil yang ada kolong gotnya. 

Nah itulah awal mulanya dijuluki sebagai Jurig Gonggo oleh orang sunda, lantaran si Jurig Gonggo ini tinggal dibawah jembatan yang gelap gulita.

Konon, si Jurig Gonggo katanya bahagia banget gangguin belum dewasa muda yang lagi pacaran hot di atas jembatan. Bagi pasangan yang apes, mereka akan mendengar bunyi gemericik air dibawah jembatan. Karena bikin penasaran, mereka pun akibatnya memberanikan diri untuk melihat apa yang bergotong-royong sedang terjadi dibawah sana.

Awalnya hanya sekelebat bayangan hitam saja, namun semakin usang diperhatikan mereka pun melihat dengan jelas, sosok makhluk hitam legam sedang asyik nongkrong dibawah jembatan. Cerita selanjutnya sudah bisa kita tebak, si pemuda lari ketakutan terbirit-birit ampe EE dicelana. Dan bukan hanya motornya saja yang ditinggalin, ceweknya pun ikut ketinggalan.

Padahal belum tentu itu penampakan dari si Jurig Gonggo, bisa jadi itu Mang Dadang yang sedang kebelet boker. Jadi, pesan moral yang ingin disampaikan oleh si Jurig Gonggo yaitu jangan pacaran kalau gak punya modal, masak kencan diatas jembatan :D

 niscaya yang terpikirkan tak jauh dari sosok pocong yang suka melompat 11 Hantu yang Tidak Terkenal di Indonesia
Pesugihan Nyi Mas Centring Manik

Hantu lokal orisinil Indonesia yang tidak dikenal diberikutnya yaitu Centring Manik nama tidak ada yang kurangnya Nyi Mas Centring Manik, mempunyai wujud nenek-nenek atau perempuan renta renta yang selalu mengenakan pakaian merah, jangan tanya kenapa si nenek ini suka banget warna merah. 

Pada waktu tertentu, kadang Centring Manik suka berubah wujud menjadi ular buntung. Konon berdasarkan mitos yang beredar, Centring Manik masih ada kaitan dengan Prabu Siliwangi (istri mudanya).

Dan berdasarkan rumor masyarakat Bandung sendiri. Sampai kini masih ada orang yang melaksanakan praktik pesugihan Nyi Mas Centring Manik, bagi siapa saja laki-laki yang melaksanakan ngalap berkah kepada Nyi Mas Centring Manik, ia akan dipenuhi dengan harta kekayaan melimpah meskipun ia tak bekerja, wahh curiga jangan-jangan beliau tukang jualan online.

Si laki-laki tersebut cukup menyediakan sebuah kamar khusus untuk kemunculan arwah Nyi Mas Centring Manik. Dan ada jadwal khusus dimalam-malam tertentu, untuk laki-laki itu harus melaksanakan hubungan ohh yees oh noo semalam suntuk dengan Nyi Mas Centring Manik.

Hantu Lulun Samak

Hantu Lulun Samak atau disebut juga hantu Tikar dan umumnya ada di sungai. Mitosnya ketika masih kecil kalau renang di sungai dan melihat tikar mengapung maka biarkan saja, lantaran kalau diambil malah kita yang akan tenggelam. 

Hantu ini kabarnya sudah tak eksis lagi, entah lantaran banyak sungai terkontaminasi jawaban serangan bom biologis alias tongki manusia, atau lantaran anak kini senangnya renang di kolam renang. Gak tahu kenapa si Hantu Lulun Samak ini bukannya migrasi saja ke kolam renang, mungkin saja doski alergi berat sama air kaporit.


Hantu Kapuk Kamalintong

Mungkin ini nama lainnya pocong ya, lantaran wujudnya mirip dan beraksi dari rumah ke rumah pada malam hari dengan mengetuk pintu dan ketika pintu dibuka. hantu ini akan mengeluarkan bunyi paraunya sambil berkata, Bagi uit cibu om buat beli pulsa..Sorry typo, maksudnya 'tolong bukain kapas dimuka saya, ah elah segitunya hahaha.

Hantu Jurig Lauk

Jurig Lauk atau biasa disebut juga Hantu Ikan umumnya beroperasi di kolam ikan dan pemancingan, bantu jaga kolam mungkin yaa. Hantu ini umumnya banyak dilihat oleh para pemancing dan menawarkan diri dengan wujud cahaya terbang ibarat api di atas kolam.

Konon kata orang, asal permintaan  Hantu Jurig Lauk yaitu arwah ikan yang telah meninggal dan umurnya sudah renta sekali, ludang kecepeh renta dari Nyonya Meneer bangun semenjak tahun 1919. Selain berwujud cahaya, Jurig Lauk terkadang juga sering menampakkan diri dengan wujud ikan pancingan besar yang ditangkap pemancing. 

Dan rata-rata para pemancing juga tahu, kalau menangkap ikan kemudian matanya bisa berkedip-kedip maka diyakini kalau ikan itu genit ehh jelmaan ikan hantu maksudnya. Konon di kawasan Saguling Cililin hantu ini masih banyak dijumpai.

Oreng Pote

Hantu yang kurang terkenal di Indonesia diberikutnya berada di kawasan pulau Bawean, sebuah pulau kecil yang berada di bahari Jawa dan bisa kau tuju ke arah utara kota Gresik. Walaupun kecil, Bawean ditinggali oleh bermacam-macam suku bangsa dan bahkan banyak warga yang telah bekerja ke luar negeri hingga ke Singapura, Singaraja, Malaysia, Vietnam dan Australia. 

Bawean tidak hanya dikenal akan panorama pantainya yang indah. Konon disana ada banyak hantu yang angker (wuuu…) mirip Ilung Lanjang, Pancong maaf maksudnya Pocong, Matianak, Mata Mera dan Oreng Pote. Spesial buat Hantu berjulukan Oreng Pote ini, beliau ditakuti warga Bawean lantaran konon diyakini sebagai pembawa malapetaka. 

Oreng Pote merupakan hantu yang ibarat insan dengan bentuk wujud kulit putih pucat mirip mayat. Konon, bagi siapapun yang apes berjumpa dengan kemunculan Orang Pote ini. Dirinya akan mengalami peristiwa alam atapun bala beserta dengan orang-orang yang tinggal bersahabat dengannya.


Di Sumatera Selatan alias Palembang, kisah perihal Hantu Antu Banyu begitu populernya bagi masyarakat orisinil disana. Berdasarkan dongeng turun-temurun, Antu Banyu dikatakan bahagia menpeduli sungai Musi dan Muara Dua. Wujud Antu Banyu sendiri berupa sosok entah pemuda atau cewek berambut panjang, keras serta berat dan tajam (mungkin hantu ini mantan rocker). 

Tak mengherankan kalau Antu Banyu mampir di bahtera para nelayan, maka seknorma dan sopan santun bahtera itu sanggup tenggelam. Yang ludang kecepeh mengerikan, sehabis si Nelayan apes tersebut jatuh karam ke dalam sungai, dirinya akan dimangsa sebagai materi cemilan Antu Banyu.

Dan keesokan harinya, jasad si korban akan ditemukan oleh masyarakat dalam keadaan terapung dengan kondisi ubun-ubun kepala hingga punggungnya berlubang. Ohh No,, udah kaya sup sumsum tulang ayam.

Suanggi

Dipercaya secara turun temurun oleh warga Papua dan Maluku. Konon hantu mengerikan berjulukan Suanggi ini, dimasa hidupnya dulu dikenal sebagai penyihir atau dukun dengan ilmu hitam tinggi. 

Dikatakan juga ia punya wujud dengan mata merah dan gigi tajam. Hobi aneh dari Suanggi sendiri gemar menyantap daging insan yang dilakukan dari jauh, mirip-mirip metodenya mirip teluh santet. 

Saat mengincar mangsa, Suanggi akan terbang memakai pelepah daun dan masuk ke rumah korban. Setelah korban tewas Suanggi akan menjilati bekas luka gigitannya dan sembuh secara aneh tanpa meninggalkan bekas sedikitpun. 

Bahkan katanya juga, sering ditemukan perkara beberapa korban Suanggi diyakini bisa hidup kembali, namun selang beberapa ahad kemudian, akibatnya mereka ditemukan tewas secara mengenaskan.


Hantu Ndhas Nggluntung

Awas salah Eja! Ini bukanlah Ndasmu melainkan Ndhas Nggluntung, sosok hantu yang selalu menampakkan dirinya dengan wujud kepala mengelinding, serem banget cuma kepala saja tanpa dada dan bokong sama sekali.

Cerita perihal hantu Ndhas Nggluntung ini sangat fenomenal bagi warga Pemalang, Jawa Tengah. Ia sering muncul knorma dan sopan santun tengah malam, di jalanan menurun dan sepi. 

Saat menampakkan wujudnya, kau akan mendengar bunyi benda jatuh dengan keras mirip Gwedheebuggg kemudian bersambut bunyi POOHH. Ludang kecepeh baik jangan didekati, mampu-mampu nanti kau pingsan melihat wujud menyeramkan Ndhas Nggluntung, tanpa dada dan tanpa bokong.

Jerangkong 

Nama bekennya Jerangkong, artinya tulang belulang manusia, lantaran hantu ini wujudnya memang tulang insan tidak ada yang kurang dengan tengkorak, ceker dan suka berjalan sendiri di tengah malam, sunyi dan kesepian.

Karena wujudnya tulang belulang tiruana, bunyi jerangkong knorma dan sopan santun muncul sangat mengerikan, persis mirip bunyi gemeletuk tulang sedang encok berat. 

Diyakini jerangkong muncul pada lingkungan sepi yang banyak dari warganya beternak ayam. Katanya juga, si Jerangkong ini keluar dari dalam kuburannya sambil mengeluarkan asap tebal, beuhh mungkinkah dulunya semasa hidup doi yaitu seorang tukang sate.

Hantu Ilung Lanjang

Dari sekian daftar hantu-hantu yang tidak dikenal di Indonesia, tampaknya yang benar-benar sudah pensiun total dari dunia perhantuan yaitu Ilung Lanjang. Padahal, sosok hantu ilung lanjang ini begitu fenomenal bagi penduduk pulau Bawean.

 niscaya yang terpikirkan tak jauh dari sosok pocong yang suka melompat 11 Hantu yang Tidak Terkenal di Indonesia
Dinamakan Ilung Langjang lantaran burungnya panjang banget, maaf maksud saya hidungnya panjang. Sangat simpel untuk mengenali kemunculan hantu yang satu ini, knorma dan sopan santun berjalan ia akan mengeluarkan bunyi mirip benda yang sedang menyeret ke tanah, hal ini disebabkan lantaran hidungnya yang teramat panjang. 

Konon berdasarkan dongeng turun temurun penduduk Bawean, semasa Hantu Ilung Lanjang ini masih berusia dewasa dan masih segar-segarnya, ia sering dipakai oleh dukun sakti untuk menjaga desa dari serangan para perampok jahat. 

Namun knorma dan sopan santun ia sudah berusia renta renta, tubuhnya tidak lagi berpengaruh mirip dulu. Jalannya pun kini sudah membungkuk mirip udang. Dan pada suatu hari, Hantu Ilung Panjang pernah tubruk dengan sekelompok laki-laki yang sedang mabuk-mabukan. 

Tragis! lantaran dikeroyok Ilung panjang pun kalah dalam pertarungan, dan hidungnya pun harus patah. Semenjak kejadian itu juga penampakan Hantu Ilung Panjang sudah jarang terlihat. 

Tapi alasan bergotong-royong bukan itu, konon Ilung Panjang tidak mau muncul lagi lantaran jalanan di Pulau Bawean sudah beraspal tiruana, dan gara-gara itulah ia takut untuk melintasi, lantaran tidak mau lagi hidung panjangnya patah. Hadehh aneh bener :D

Advertisement

Iklan Sidebar