Info Terbaru 2022

Pantangan Ibu Hamil Fakta Dan Mitos Gak Masuk Akal

Pantangan Ibu Hamil Fakta Dan Mitos Gak Masuk Akal
Pantangan Ibu Hamil Fakta Dan Mitos Gak Masuk Akal
Kehamilan ialah kado terindah yang didiberikan Tuhan kepada seorang wanita. Terludang kecepeh jikalau kemunculan sang buah hati telah usang dinanti-nantikan. Dan bagi seorang suami, menjaga kesehatan istri dan calon bayinya menjadi hal paling prioritas begitupun soal mencukupi kebutuhan mereka. 

Tapi anehnya, selama masa-masa kehamilan aneka macam pantangan ibu hamil fakta dan mitos gak masuk nalar namun masih tetap dipertahankan kepercayaannya hingga kini, khususnya di masyarakat Indonesia menyerupai hal-hal wacana makanan, sikap sosial, penampilan dan masih banyak lagi yang bikin pusing pala barbie. 

Dan konon katanya jikalau berani melanggar, nyawa sang bayi akan dipertaruhkan. Sahabat kejadiananeh.com, khususnya buat kau para Ibu hamil ada baiknya menyimak artikel ini biar gak salah kaprah lagi!

Menghindari bertatapan dengan orang cacat atau membenci seseorang

Seringkali kita lihat apabila ada seorang ibu hamil yang melihat seseorang mempunyai keadaan fisik cacat ataupun mentalnya tidak sempurna, maka sang ibu akan eksklusif mengalihkan pandangan mata dan mengusap-usap perutnya sambil menyampaikan kalimat menyerupai 'amit-amit jabang bayi'. Hal ini dilakukan untuk menghindari calon bayi menjadi menyerupai mirip orang tersebut.

Tapi curangnya, kalau lihat artis ganteng atau anggun juga mengucapkan ajian absurd tersebut berharap anaknya nanti bisa menyerupai alias menular ketampanannya. Walah, ada-ada saja yah! Pertanyaannya ini fakta atau mitos seputar kehamilan?

Mitos ini bukan lagi absurd tapi konyol banget, baik dari segi ilmiah ataupun medis, keadaan seorang bayi yang nanti lahir hanya akan mengikuti genetik dari kedua orang tuanya, gak mungkin banget ngikutin gen tetangga apalagi orang lain. 

Makara kalau ayah ibunya orisinil orang Indo gak mungkin banget anaknya menyerupai orang bule kecuali sang Ibu sanggup uluran tangan sumbangan hehehehe.
 Kehamilan ialah kado terindah yang didiberikan Tuhan kepada seorang perempuan Pantangan Ibu Hamil Fakta dan Mitos Gak Masuk Akal
Photo: Copyright pregnancyandmedicine.org
Tapi dilain kasus juga sering ditemukan, seorang anak mukanya menyerupai bule dan gak menyerupai sama sekali dengan orang tuanya, namun sebelum berprasangka jelek coba cari-cari dulu silsilah keturunan siapa tahu kakek, atau bapaknya kakek masih ada yang keturunan orang bule. 

Dan satu hal lagi, jikalau bayi lahir dalam keadaan cacat itu tiruana disebabkan oleh kekurangan gizi ketika masih dalam kandungan, jerawat penyakit, penyalahgunaan obat-obatan, kelainan cacat genetik, kromosom gagal seperti sindrom down, sindrom patau, sindrom edwards dan komplikasi mutasi gen dan kromosom. Penjelasan ludang kecepeh tidak ada yang kurang, tanya Dokter Kandungan aja cuy :)

Bayi Ngeces lantaran Ngidam tidak kesampaian

Nah ini ia pantangan ibu hamil paling terkenal yang hingga kini mitosnya masih dipercaya banget. Saat seorang perempuan mengalami ngidam, itu loh minta yang aneh-aneh dan suaminya dibikin repot hehehe. Biasanya terjadi di awal-awal kehamilan kurang ludang kecepeh 3 bulan pertama dan itu bukanlah undangan dari si janin alias bayi dalam kandungannya. 

Ini tiruana akhir perubahan hormonal dalam tubuh ibu hamil, maka dari itu si ibu terlihat ingin makan ini dan itu. Perubahan hormonal ini juga menciptakan ibu ludang kecepeh sensitif terhadap basi dan rasa kuliner sehingga terkesan anti dengan kuliner tertentu. 

Imbasnya, ketika mengalami keludang kecepehan berat tubuh gara-gara kebanyakan cemilan bisa memicu banyak komplikasi jikalau nanti melahirkan. Dan gak usah takut tiruana bayi ngeces atau ngiler hanya terjadi pada usia-usia tertentu, ketika gigi mereka sedang mengalami pertumbuhan

Larangan Makan nanas, tape dan durian bisa membahayakan kandungan

Beberapa orang menyampaikan bahwa memakan nanas bisa berbahaya bagi keselamatan bayi lantaran bisa terjadi keguguran. 

Faktanya, nanas muda memang mengandung kandungan asam yang sangat tinggi sehingga jikalau dikonsumsi oleh ibu hamil maka berpontensi akan memicu kontraksi dan kelahiran prematur yang ujung-ujungnya keguguran. 

Hal ini disebabkan lantaran nanas mengandung zat bromelain yang bersifat bisa membantu kontraksi leher rahim dan membantu induksi persalinan ludang kecepeh cepat dari jadwalnya. 

Serta kandungan Enzim protease bromelain pada buah nanas yang berpotensi menimbulkan gangguan pada pencernaan, nyeri pada otot, sakit kepala hebat, nafsu makan, diare dan pada ibu yang hamil muda sanggup menimbulkan pendarahan yang akan berakhir dengan keguguran. Tapi tiruana ini berlaku jikalau usia janin masih terbilang sangat dini alias hamil muda.

Begitu pun dengan durian dan tape yang mempunyai kandungan alkohol. Meskipun kadar alkohol yang tidak terbilang tinggi, namun tetap saja berbahaya bagi tumbuh kembang janin. Daya tahan tubuh janin masih sangat rentan untuk mendapatkan kuliner yang menjadikan hawa gerah tersebut. 

Intinya boleh-boleh saja kalau mengkonsumsi ketiga jenis kuliner tersebut selama tidak berludang kecepehan dan kalau usia kandungan tidak muda. Tapi kalau mau ludang kecepeh kondusif mendingan gak usah aja sekalian hehehe.

Makan Buah Pepaya Belum Matang

Ingat yah ini pepaya belum mateng alias pepaya muda (mentah) bukan yang sudah matang itu sih malah bagus untuk kesehatan ibu dan janinnya tapi juga gak boleh berludang kecepehan. 

Sahabat kejadiananeh.com khususnya bagi kau perempuan yang sedang hamil hentikan kudang kecepeasaan merujak dengan memakai materi dari buah pepaya yang belum mateng lantaran bisa menjadikan dampak dan efek jelek bagi kehamilan. Mau tahu kenapa gak boleh?

Buah pepaya yang masih mentah atau setengah matang mengandung lateks tinggi yang sanggup mengaktifkan kontraksi rahim. Pepaya umumnya dipakai untuk mengobati siklus menstruasi yang tidak teratur. Pepaya sanggup menimbulkan kontraksi rahim dan menginduksi persalinan, hal ini mengarah ke keguguran. 

Getah pepaya mempunyai enzim yang disebut papain yang mengaktifkan hormon prostaglandin dan oksitosin yang memperkuat kontraksi persalinan sebelum waktunya. Makara harus dipastikan kalau memang pengen banget pepaya harus benar-benar matang lantaran konsentrasi lateksnya sudah banyak berkarang. 

Ya tapi kalau biar hati ludang kecepeh tenang, mendingan gak usah makan buah pepaya aja, soalnya makan buah pepaya ini masih jadi perdebatan penggunaannya untuk perempuan hamil.

Makan sambal bisa menciptakan rambut bayi botak

Sambal bisa dipastikan menjadi kesukaan hampir tiruana orang. Namun bagaimana dengan perempuan yang sedang mengandung? Ada mitos yang menyampaikan bahwa ibu hamil tidak boleh memakan kuliner pedas menyerupai sambal lantaran dikhawatirkan akan menciptakan rambut bayi menjadi simpel rontok. 

Jika dilihat dari segi medis hal ini tentunya tidaklah benar, lantaran keadaan rambut bayi tergantung dengan genetik yang diturunkan dari orang tuanya. Sehingga tidak ada kekerabatan antara konsumsi sambal dengan rambut rontok. 

Namun memang ada baiknya jikalau ibu hamil tidak mengkonsumsi sambal atau kuliner pedas lainnya secara berludang kecepehan lantaran bisa mengganggu sistem pencernaan sang ibu. Emangnya mau mencret seharian?
 Kehamilan ialah kado terindah yang didiberikan Tuhan kepada seorang perempuan Pantangan Ibu Hamil Fakta dan Mitos Gak Masuk Akal
Photo: Copyright babygaga.com
Larangan Merendam cucian terlalu usang bisa menimbulkan kudisan

Sebagai ibu rumah tangga tentunya banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Begitu juga dengan ibu hamil yang masih tetap harus melaksanakan pekerjaan rumah meski tidak sebanyak sebelum mengandung, lantaran tentunya ibu hamil tidak boleh terlalu lelah dan harus menjaga kondisi kesehatan kandungannya.

Oleh lantaran itu, ibu yang sedang mengandung tidak boleh membiarkan pakaian kotor direndam terlalu usang lantaran mitos menyampaikan air cucian tersebut bisa menimbulkan bayi kudisan. 

Mitos ini tentu saja tidak sanggup dibenarkan oleh siapa saja, lantaran sama sekali tak ada efek antara air cucian dengan penyakit yang akan dialami oleh bayi yang akan lahir. Fakta sebenarnya, nanti pakaiannya bisa cepat rusak.

Memakan jeruk dan meminum kopi menciptakan kulit bayi berwarna

Jeruk bisa menimbulkan bayi menderita penyakit hati dan menciptakan warna kulitnya menjadi kekuningan, sedangkan meminum kopi menciptakan kulit bayi hitam dan mempunyai tanda lahir berwarna cokelat. Begitulah mitos yang beredar sebagai pantangan ibu hamil mengenai jeruk dan kopi. 

Sama sekali tidak ada kekerabatan antara memakan jeruk dengan kulit bayi, begitu pun dengan meminum kopi. Tidak ada hasil medis yang menunjukkan keterkaitan antara dua hal tersebut. 

Justru jeruk mengandung vitamin C yang bagus untuk kandungan, dengan catatan mengkonsumsinya tidak berludang kecepehan. Sedangkan kopi, ibu hamil juga masih boleh meminumnya meski hanya sesekali alias jarang banget.

Minum air kelapa bisa menjernihkan air ketuban

Air kelapa dipercaya sebagai minuman dari alam yang bisa menghilangkan racun dari dalam tubuh. Oleh lantaran itu, minum air kelapa dengan takaran yang tidak terlalu berludang kecepehan oleh para ibu hamil diyakini bisa menciptakan air ketuban menjadi jernih dan membersihkan. 

Jika dilihat dari kacamata medis, fakta ini bisa dipercayai kebenarannya lantaran kandungan yang terdapat di dalam air kelapa memang mempunyai banyak manfaat. 

Namun jikalau ada pendapat bahwa air kelapa bisa menyuburkan rambut bayi, tentu tidak ada bukti ilmiahnya lantaran sekali lagi fisik bayi diwariskan oleh sebagian besar gen yang mengikuti dari kedua orang tuanya.

Memotong rambut besar lengan berkuasa terhadap persalinan

Mitos menyampaikan jikalau ada ibu yang sedang mengandung memotong rambutnya maka jalan lahir sang bayi juga akan ikut terpotong. Oleh lantaran itu, ibu yang sedang hamil tidak boleh memotong rambut selama masa kehamilan. Jika tetap dilakukan maka akan besar lengan berkuasa terhadap proses persalinan ibu, yaitu bayi akan kesusahan keluar lantaran terhalang oleh plasenta. 

Tentu saja hal ini merupakan mitos konyol yang tidak terbukti sama sekali kebenarannya, lantaran memotong rambut sama sekali tidak mempunyai hubungannya dengan proses persalinan. 

Lagipula, seorang ibu hamil tentunya akan merasa risih jikalau rambut dibiarkan panjang selama kurang ludang kecepeh sembilan bulan tanpa dibentuk menjadi ludang kecepeh pendek. Gerah cuy, belum lagi kalau digangguin sama papanya knorma dan sopan santun di malam hari hehehe.

Selama kehamilan Gak boleh makan daging banyak

Kata siapa? Kata mang Dadang? Justru ibu hamil disarankan mencukupi kebutuhan daging lantaran butuh ekstra zat besi dan protein yang berfungsi mengalirkan oksigen ke jaringan tubuh, termasuk janin dan menyempurnakan pembentukan jaringan pada janin. 

Tapi juga gak boleh kesurupan makannya, selama kehamilan dianjurkan mengkonsumsi daging harus diimbangi dengan kuliner sehat lainnya untuk memdiberi nutrisi yang baik pada janin menyerupai buah-buahan, susu dan kuliner kaya serat.

Jangan Makan buah Strawberry nanti kulit bayi bisa bercak-bercak

Ini lagi pantangan perempuan hamil yang absurd dan gak masuk akal, memangnya ayah si jabang bayi Cicak apa kok nanti bisa bercak-bercak kulitnya. 

Justru buah Strawberry sangat kaya akan kandungan vitamin C, Mineral dan antioksidan yang ampuh menurunkan kolesterol dalam darah dan terbukti baik bagi susukan pencernaan. Tapi dengan tanda kutip untuk mengkonsumsinya dalam batas kewajaran alias gak berludang kecepehan.

Hindari makan ikan mentah biar nanti bayi lahir tidak basi amis

Walah kelewatan banget ini mah pitnahnya, kalau begitu nanti sebelum lahiran makan parfum aja biar bayinya wangi hahaha. Makara begini sebenarnya, gak ada hubungannya ikan mentah dengan bayi berbau amis, itu tiruana disebabkan oleh basi dari air ketuban. 

Sedangkan untuk mengkonsumsi ikan mentah ialah fakta bahwa sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya lantaran kuliner yang masih mentah harus dihindari biar tidak tidak sengaja benalu toksoplasmosis, listeria dan kuman salmonela yang bisa menjadikan jerawat penyakit, keracunan dan ujung-ujungnya memicu keguguran. 

Ini juga berlaku untuk telur mentah dan jikalau ingin makan buah-buahan pastikan mencucinya hingga membersihkan terludang kecepeh lampau biar terhindar dari resiko kuman toksoplasmosis dan salmonela.
 Kehamilan ialah kado terindah yang didiberikan Tuhan kepada seorang perempuan Pantangan Ibu Hamil Fakta dan Mitos Gak Masuk Akal
Photo: Copyright youqueen.com
Mempercepat Proses persalinan dengan Mengkonsumsi Banyak Makanan Pedas

Menurut warta yang beredar katanya kalau mengkonsumsi banyak kuliner pedas ketika hamil bau tanah atau menjelang detik-detik hari kemungkinan yang akan terjadi kelahiran bayi, akan mempercepat proses persalinan. 

Faktanya, dijamin bikin si ibu hamil makin panjang penderitaannya. Udah nahan mulas menjelang kelahiran ditambah lagi sering bolak balik membuang air, itu belum seberapa jikalau hingga kena diare malah bisa membahayakan kesehatan kandungan.

Sahabat kejadiananeh.com, hal-hal di atas ialah mitos dan fakta terkait pantangan yang tidak boleh dilanggar oleh Ibu hamil. Sebenarnya, hal yang harus diperhatikan oleh ibu selama mengandung ialah jangan terlalu mempercayai banyaknya mitos yang beredar yang tidak ada klarifikasi ilmiah secara logis dan belum terbukti kebenarannya. 

Jika seorang ibu hamil terlalu percaya dengan banyaknya mitos-mitos absurd tersebut, justru akan mengalami kehilangan nalar dan mengganggu kesehatan serta keselamatan ibu bahkan kandungannya sendiri. Memang kita harus akui, di Indonesia sendiri biasanya pesan yang tersirat atau petuah dari peninggalan leluhur masih diyakini penuh untuk kita wajib mentaatinya. 

Padahal yang harus didengarkan sarannya ialah Dokter dan bukan katanya katanya orang. Makara jangan pernah lagi percaya dengan pantangan, fakta dan mitos seputar kehamilan yang gak masuk nalar biar gak salah kaprah lagi.

Advertisement

Iklan Sidebar