Info Terbaru 2022

Awal Mula Tradisi Tukar Cincin Pertunangan Dikenal

Awal Mula Tradisi Tukar Cincin Pertunangan Dikenal
Awal Mula Tradisi Tukar Cincin Pertunangan Dikenal
Apakah kau pernah melaksanakan prosesi program tukar cincin? Prosesi program tukar cincin ketika pertunangan, merupakan suatu program yang masuk akal dilakukan setiap pasangan sebelum melangkah ke pelaminan perkawinan. Mulai dari emas, perak, intan bahkan berlian, marak dipakai sebagai materi baku pembuatan cincin ini. Hal ini cukup beda dengan zaman dulu ,dimana rumput yang dianyam pun sanggup dipakai sebagai cincin pengikat. 

Cincin pertunangan merupakan cincin yang hanya dikenakan oleh perempuan saja. Berbeda dengan cincin pernikahan, yang biasanya dikenakan oleh laki-laki maupun wanita. Tradisi penggunaan cincin pertunangan di jari bagus perempuan sendiri, mempunyai tradisi unik yang panjang dan yang niscaya menarik untuk disimak. Sahabat kejadiananeh.com beginilah sejarah awal mula tradisi bertukar cincin pertunangan yang kita kenal hingga kini.

Perlu kau ketahui, tradisi tukar cincin pertunangan, diawali pada zaman Mesir kuno dan masa Yunani kuno. Di jaman tersebut, bukan hanya perempuan saja, melainkan laki- laki juga mengenakan cincin pertunangan. Di zaman mesir kuno, umumnya seorang laki-laki mengenakan cincin sebagai lambang kekayaan yang mereka miliki.
 Apakah kau pernah melaksanakan prosesi program tukar cincin Awal Mula Tradisi Tukar Cincin Pertunangan Dikenal
Photo: Copyright pinterest.com
Penggunaan cincin pertunangan pada pasangan masing-masing, merupakan sebuah tanda jikalau sang laki-laki akan membagikan kekayaannya pada sang pujaan hati. Beda mesir, beda pula Yunani Kuno, mereka yang tengah di mabuk cinta, akan memdiberikan pasangan mereka cincin emas pada masing- masing pasangan. 

Penggunaan cincin emas merupakan tanda resmi ikatan cinta, jikalau pasangan tersebut akan berkeluarga secepatnya sekaligus semoga gak garuk sana garuk sini lagi hahaha. Sedangkan di zaman romawi kuno, tukar cincin, juga dilakukan bahkan dengan orang bau tanah dari masing-masing calon mempelai pasangan.
Pada kurun 11, pihak gereja menyatakan jikalau penggunaan cincin mempunyai arti yang penting dalam sebuah ikatan berpasangan. Inilah kenapa memasuki kurun ke 16, penggunaan cincin resmi dilakukan sebagai bab dari suatu upacara pernikahan. 

Berdasarkan tradisi dari gereja katolik, penggunaan cincin tunangan, hanya dikenakan bagi perempuan saja sementara laki-laki tidak mengenakannya.

Di masa lampau, "sejarah cincin pertunangan", hanya dilakukan pada raja dan ratu saja. Cincin pertunangannya pun memakai jenis batuan yang berharga. Sementara rakyat biasa umumnya hanya memakai cincin pertunangan yang berasal dari materi emas atau pun besi. 

Cincin pertunangan yang dimiliki oleh Ratu Victoria Inggris, terlihat indah dengan hiasan kerikil berharga dan warna warni yang menyenangkan. Batuan berharga, yang ditemukan pada era tersebut, awalnya hanya dipakai oleh kalangan ningrat. Namun seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan cincin pertunangan dari mata berlian, kesudahannya terkenal juga di masyarakat.

Penggunaan berlian sebagai cincin tunangan dan pernikahan, semakin terkenal sesudah De Beers, yang pada era 30an, menyewa agensi iklan di New York untuk mempromosikan berlian sebagai penghias cincin. Keberadaan iklan tersebut menciptakan mata berlian menjadi sangat laris di pasaran bahkan dijadikan sebagai cerminan cinta setia untuk sepanjang masa.

 Apakah kau pernah melaksanakan prosesi program tukar cincin Awal Mula Tradisi Tukar Cincin Pertunangan Dikenal

Jargon yang menciptakan iklan tersebut makin tersohor dan sukses, yaitu 'A diamond is forever' berlian yaitu awet. Penggunaan jargon dari De Beers, bekerjsama dipakai untuk memdiberi kesan jikalau berlian merupakan bebatuan indah yang langka dan cocok dipakai sebagai investasi jangka panjang.
Meski jargon yang digunakan, menyimpang dari artian cinta yang awet, namun nyatanya, cincin pertunangan tersebut sangat laris di pasaran hingga ketika ini. 

Setelah pertunangan, akan datang saatnya berkeluarga. Pasangan juga akan memakai cincin pernikahan. Penggunaannya menunjukan jikalau kedua orang yang tengah menjalin kasih tersebut telah resmi menjadi pasangan. 

Beda dengan dulu, sekarang cincin pertunangan dan ijab kabul telah mengalami banyak perkembangan dengan bentuk yang bermacam-macam dan warna yang menawan. Bukan hanya sekedar memilih, namun kau dan pasangan juga sanggup memesannya secara pribadi untuk dibuat sesuka hati.

Advertisement

Iklan Sidebar