Info Terbaru 2022

13 Makhluk Mitologi Adonan Paling Berpengaruh Dan Keren

13 Makhluk Mitologi Adonan Paling Berpengaruh Dan Keren
13 Makhluk Mitologi Adonan Paling Berpengaruh Dan Keren
Makhluk mitologi biasanya punya ciri yang aneh-aneh. Meskipun berkembang dari legenda atau dongeng rakyat kawasan tertentu, namun ada juga makhluk mitologi yang memang benar-benar ada dan dipercaya keberadaannya. Untuk sebagian kaum pemuja, makhluk ini dianggap positif dan disucikan oleh mereka hingga menjalankan ritual khusus, meski kita hanya mengganggap makhluk tersebut sebuah imajiner atau khayalan semata. 

Yang tak kalah aneh, tidak sedikit penampakan makhluk mitologi mempunyai wujud hybrid atau adonan dari beberapa monster. Nah, kalau kau penasaran, simak ulasan 13 makhluk mitologi adonan paling besar lengan berkuasa dan keren dalam sejarah ,yang mungkin belum pernah kau dengar dan ketahui selama ini.

1. Harpy (Harpies)

Harpy atau Harpies merupakan makhluk dalam mitologi Yunani. Wujud harpy digambarkan sebagai makhluk setengah burung dan setengah perempuan yang mempunyai paras wajah sangat cantik. Konon, Harpy dulunya yaitu roh angin yang baik hati kemudian berperan membawa orang-orang ke tempat pembalasan dendam, Erinyes. 

 Makhluk mitologi biasanya punya ciri yang asing 13 Makhluk Mitologi Gabungan Paling Kuat dan Keren

Harpy mempunyai sayap dan dikenal dan banyak dipakai sebagai Iblis perenggut dalam kisah Raja Fineas. Ceritanya, Zeus menghukum Raja Fineas dalam suatu pulau bersama para Harpy. Namun, Raja Fineas tidak sanggup menikmati makanannya dan selalu merasa kelaparan alasannya Harpy selalu merebut makanannya sebelum Raja Fineas sanggup memakan masakan tersebut. 

Dalam mitologi Yunani, Harpy merupakan saudara dari putri Echidna dan Tifon, Iris. Harpy dikenal sebagai monster dan makhluk yang jahat. Kalau melihat dari garis keturunannya, memang tidak mengherankan sih. 


Pasalnya, Echidna dan Tifon memang dikenal dan banyak dipakai sebagai ibu dan ayah dari para monster dalam mitologi Yunani alasannya aneka macam monster jahat paling andal dan besar lengan berkuasa dikisahkan lahir dari pasangan tersebut. Harpy yang diketahui ada dua di dunia yaitu Aillo dan Okipites.

2. Ammit

Ammit atau Ammut dan bukanlah amit-amit jabang bayi merupakan makhluk mitologi dari dongeng Mesir Kuno. Tubuhnya dikatakan adonan dari kuda nil, buaya dan singa yang konon merupakan hewan dan makhluk hidup paling mematikan dan juga buas pada masa itu. Ammit ini diceritakan sebagai pendamping dewi kejujuran yaitu Ma’at ketika menimbang hati orang yang sudah mati. 


Kalau hati orang tersebut dianggap tidak murni oleh dewi kejujuran, maka hati tersebut akan dilempar alias dimemberikankan pada Ammit untuk dikunyah. Wah, seram!! Bangsa Mesir Kuno percaya kalau mereka tidak sanggup turun ke dunia bawah untuk hidup langgeng dan kekal bersama Osiris jikalau hatinya dikunyah oleh Ammit. 

Jiwanya juga tidak akan hening dan terus bergentayangan jikalau Ammit mengunyah hatinya. Ammit bahwasanya merupakan salah satu tuhan dalam mitologi Mesir Kuno, tetapi Ammit tidak dianggap sebagai dewa. Masyarakat mesir kuno justru merasa takut pada Ammit alasannya kiprahnya tersebut. Wah, kasihan ya si Ammit-ammit ini.

3. Garuda

Makhluk mitologi gabungan paling keren yang satu ini penting kau ketahui, soalnya sebagai  asal usul lambang negara kita Indonesia, eits tapi negara Thailand juga menggunakan burung garuda lohh sebagai lambang negaranya. Garuda yaitu manifestasi dari burung mitologis yang berwujud setengah insan setengah burung. Tubuhnya berwarna emas dan mempunyai sayap merah. 


Konon bila ia terbang bisa menghalangi sinar matahari ke bumi dikarenakan ukuran tubuhnya sangat raksasa. Kisah heroik burung garuda digambarkan dalam Kitab Mahabrata dan Purana Umat Hindu. Dan ia yaitu wahana/kendaraan Dewa Wisnu yang selalu setia menemaninya pergi.

4. Centaurides

Centaurides merupakan makhluk dalam mitologi terkuat dalam legenda Yunani. Centaurides bahwasanya yaitu versi perempuan dari Centaurus. Tubuhnya merupakan adonan dari insan dan kuda. Bagian kakinya kuda sedangkan badan bab atasnya manusia. Biarpun jarang disebut dalam kisah sastra Yunani, tapi Centaurides ini sering muncul dalam seni Romawi dan Yunani, lho. 


Salah satu Centaurides yang dikenal dan banyak dipakai yaitu istri dari Centaurus Killaros, Hilonome. Asal-usul dari legenda Centaurides ini dalam mitologi Yunani tentu sama dengan asal usul Centaurus. Konon, dulu Centaurus yaitu saudara Lapithos yang terlahir cacat. 

Karenanya, Centaurus merasa tidak nyaman tinggal bersama insan dan ludang keringh suka tinggal bersama kuda betina yang ada di Gunung Pelion. Nah, relasi Centaurus dan kuda-kuda betina tersebutlah yang kemudian melahirkan ras Centaur yang dikenal dan banyak dipakai tangguh meski mereka ludang keringh suka tinggal di hutan dan tidak suka menarik perhatian.
5. Onocentaur

Masih besanan dengan Centaurus dan Centaurides, hanya bedanya Onocentaur ini badan dan ke empat kakinya dari onta, upss salah maksudnya keledai dan bukanlah kuda. 


Sebagai makhluk mitologi, mungkin Onocentaur paling lemah kekuatannya. Namun yang menciptakan ia pantas kita acungi jempol, Onocentaur dikenal dan banyak dipakai dekat dengan manusia, ia sering kali menolong kaum insan kadab mengalami kesusahan.

6. Putri Duyung (Mermaid)

Satu-satunya makhluk mitologi yang mempunyai paras wajah bagus dan badan seksi yaitu Putri Duyung. Dikatakan bahwa kedatang annya dikaitkan dengan tragedi alam banjir, badai, tragedi alam kapal karam. Dan bila ada pelaut yang terpengaruhi oleh kecantikannya akan segera menemukan ajal. Tapi versi dongeng lain menyampaikan wacana putri duyung beliau murah hati, baik hati dan sanggup mengabulkan undangan manusia.


Keberadaan makhluk setengah perempuan dan setengah ikan lele ini memang selalu menjadi teka-teki besar apakah beliau memang benar-benar ada di dunia ataukah hanya sebuah mitos dan misteri saja. 

Pasalnya dijaman canggih kini pun banyak media-media yang menyampaikan telah melihat penampakan Putri Duyung, entah benar atau hanya memberikanta hoax saja. Sahabat kejadiananeh.com, saya sendiri menganggap penampakan putri duyung itu memang benar-benar ada di dunia, terutama Ikan Putri Duyung alias ikan purba hehehe.

7. Hidra

Sosok hidra yang sangat menyeramkan sering digambarkan dalam legenda rakyat Yunani bahwa monster mitologi ini dikenal dan banyak dipakai paling besar lengan berkuasa dan begitu dahsyat kehebatannya. Ia mempunyai sembilan kepala ular naga. Jika salah satu kepala tersebut dipotong maka sanggup tumbuh kembali. 


Tak perlu menggunakan taring tajamnya untuk melumpuhkan mangsa, nafas dari hidra sendiri sanggup memmemberikankan racun tingkat tinggi yang sanggup menciptakan siapa saja mati sekadab. Konon sarang Hidra berada di Danau Lerna di Argolid, sebagai terusan jalan menuju dunia bawah tanah atau tempat orang-orang mati berkumpul.
8. Hippalectryon


Keberadaan Hippalectryon juga termuat dalam Mitologi Kuno Yunani, sosoknya yang keren menyerupai sekali dengan Pegasus. Bagian badan depan kuda sedangkan belakangnya kaki burung elang, ia juga mempunyai sayap besar dan bisa melesat terbang menyerupai kilat.

9. Hippocampus

Hippocampus atau kuda air merupakan hewan dan makhluk hidup yang ada dalam mitologi Yunani. Hewan ini merupakan adonan dari kuda dan ikan. Tepatnya bab depan tubuhnya kuda dan bab belakangnya ikan. Hippocampus juga digambarkan mempunyai sirip dan sisik yang berwarna hijau. Hippocampus ini digambarkan sanggup hidup di air asin maupun air tawar. 

Nama hippocampus berasal dari bahasa latin ‘hippo’ yang artinya kuda dan ‘kampos’ yang artinya monster laut. Nah, kalau kau merasa tertarik dan ingin tau dengan penggambaran si Hippocampus ini, kau sanggup melihatnya di film ‘Percy Jackson: Sea of Monster’. 


Penggambaran Hippocampus pada film tersebut dijamin sanggup bikin kau kagum. Pasalnya, biarpun si Hippocampus ini setengah kuda dan setengah ikan, tapi terlihat sangat gagah. Dan ia termasuk makhluk mitologi paling besar lengan berkuasa dalam sejarah.

Konon, Dewa Laut Poseidon menggunakan si Hippocampus ini untuk menarik keretanya melintasi lautan. Hippocampus juga disebut-sebut sebagai raja dari tiruana ikan. Hippocampos ini dipercaya oleh orang-orang Yunani Kuno sebagai perwujudan dari kuda maritim yang sudah dewasa.

10. Skilla

Skilla merupakan makhluk legenda dalam mitologi Yunani. Skilla digambarkan sebagai monster maritim yang mempunyai beberapa kepala anjing yang buas di pinggangnya. Konon, Skilla tinggal di suatu tempat yang dekat dengan kharibdis atau pusaran air raksasa. Celah antara Skilla dan kharibdis sangat sempit sehingga pelaut tidak punya kesempatan untuk melarikan diri. 


Pilihannya yaitu terjebak dalam pusaran air atau dimakan Skilla. Ada dua versi mengenai asal-usul dari Skilla. Hyginus menyebutkan bahwa Skilla memang sudah terlahir sebagai monster alasannya merupakan anak dari Echidna dan Tifon. Tetapi Skilla juga disebutkan sebagai anak dari Forkis dan Hekate, Lamia, Krateis atau Keto. 

Versi lain wacana asal-usul Skilla disebutkan oleh Ovidius bahwa awalnya Skilla yaitu insan biasa yang berparas cantik. Tapi, seorang dukun berjulukan Kirke cemburu padanya alasannya cowok yang dicintainya justru menyayangi Skilla. 

Skilla kemudian dimemberikan ramuan oleh Kirke ketika sedang mandi sehingga di pinggangnya muncul kepala-kepala monster. Lama kelamaan Skilla berubah jadi monster sepenuhnya.

11. Qilin

Sebagai makhluk paling besar lengan berkuasa dalam mitologi Cina. Namun dalam perkembangannya, legenda Qilin menyebar di negara-negara di Asia Timur menyerupai Jepang, Taiwan dan Korea.

Qilin atau ‘Chinese Unicorn’ ini digambarkan sebagai hewan dan makhluk hidup yang merupakan adonan naga dan rusa dengan sisik yang berkilau dan cantik. Qilin merupakan hewan dan makhluk hidup yang suci yang bersifat baik dan dianggap membawa keberuntungan dalam mitologi Cina. 


Biarpun begitu, Qilin dipercaya sanggup bersikap liar dan juga mengerikan ketika dalam kondisi terancam. Kemunculan Qilin dipercaya merupakan mengambarkan baik maupun buruk. 

Biasanya, kemunculannya dikaitkan dengan kematian atau kelahiran orang hebat. Qilin dipercaya sebagai hewan dan makhluk hidup tuhan yang tugasnya menghakimi dan mengadili orang. Konon, Qilin hanya akan muncul di tempat para penguasa yang baik dan bijak.

12. Firudang keringrd (Phoenix)

Gak kalah keren dengan penampilan makhluk-makhluk mitologi lainnya. Firudang keringrd yang dijuluki juga sebagai burung Phoenix ini memang mempunyai kekuatan dahsyat ia sanggup membunuh naga raksasa. Ia juga dikatakan hidup langgeng dan kekal. Bila usianya sudah tua, Firudang keringrd akan mengkremasi dirinya sendiri, dan dari debu sisa-sia pembakaran sisa-sisa tersebut. Tubuhnya akan tumbuh kembali menjadi muda. 


Oleh alasannya itu Firudang keringrd dijadikan lambang pembaharuan dan kelahiran kembali untuk membangkitkan semangat dan optimisme para prajurit dimasa lalu. Perwujudan Firudang keringrd digambarkan sebagai burung dengan sayap api yang mempunyai kilatan petir.
13. Tarasque

Inilah makhluk mitologi paling ribet, tapi harus diakui emang keren banget penampilannya. Tarasque merupakan makhluk mitologi adonan yang dikenal dan banyak dipakai di Eropa pada masa pertengahan. Tubuhnya merupakan adonan dari beruang, kalajengking, kura-kura dan singa. 

Tarasque punya kepala singa dengan enam kaki beruang yang pendek. Tarasque juga punya tempurung kura-kura, tanduk-tanduk bercula dan ujung kalajengking. Konon, tarasque tinggal di sepanjang sungai Rhone. Tarasque juga dipercaya sebagai makhluk buas yang akan menerkam siapa saja. 

 Makhluk mitologi biasanya punya ciri yang asing 13 Makhluk Mitologi Gabungan Paling Kuat dan Keren

Di jaman kuno, Tarasque pernah diserang oleh Raja Nerluc dan prajuritnya meskipun Raja tidak berhasil membunuhnya. Suatu hari, Saint Martha sanggup menjinakkannya dan membawa Tarasque ke kota. 

Sayangnya, warga kota menyerangnya hingga mati tanpa adanya perlawanan dari Tarasque alias pasrah. Warga kota yang merasa bersalah akan insiden itu kemudian merubah nama kota tersebut menjadi ‘Tarascon’. Sahabat kejadiananeh.com itulah 13 mahluk mitologi adonan paling besar lengan berkuasa dan keren di dunia yang pernah digambarkan dalam sejarah.

Advertisement

Iklan Sidebar